Jumat 04 Dec 2020 10:46 WIB

Depok Sediakan Pemeriksaan HIV Gratis di Setiap Puskesmas

Dinkes Depok sediakan pemeriksaan HIV secara gratis di seluruh Puskesmas

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Esthi Maharani
Petugas mencatat identitas darah seorang warga saat pemeriksaan HIV secara gratis
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Petugas mencatat identitas darah seorang warga saat pemeriksaan HIV secara gratis

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menyediakan layanan pemeriksaan HIV secara gratis di seluruh Puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Depok.

"Layanan pemeriksaan HIV secara gratis di Puskesmas sesuai dengan Peraturan Wali (Perwal) Kota Depok Nomor 49 tahun 2014, masyarakat dapat melakukan pemeriksaan di setiap Puskesmas," ujar Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita di Balai Kota Depok, Jumat (4/12).

Menurut Novarita, terdapat beberapa layanan pemeriksaan HIV di Puskesmas. Antara lain layanan tes Komprehensif Terpadu (KT), layanan Infeksi Menular Seksual (IMS), dan Tes Inisiatif Petugas Kesehatan (TIPK) yang berada di 35 Puskesmas.

Selanjutnya, layanan satelit Anti Retroviral Therapy (ART) di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pancoran Mas, UPTD Puskesmas Cipayung, dan UPTD Puskesmas Cimanggis. Kemudian, layanan Pusat Terapi Rumatan Methadon (PTRM) di UPTD Puskesmas Sukmajaya.

Selain itu juga tersedia layanan tes Pencegahan Penularan Ibu dan Anak (PPIA) di.Puskesmas Pancoran Mas. Lalu, Layanan Jarum Alat Suntik Steril (LJASS) di Puskesmas Sukmajaya, Puskesmas Pancoran Mas, Puskesmas Kemiri Muka, danPuskesmas Rangkapan Jaya. "Penting untuk memeriksa kesehatan sejak dini," ucap Novarita.

Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), Kota Depok telah melakukan tes HIV ke sebanyak 74 ibu hamil bertepatan pada peringatan Hari Aids Sedunia yang jatuh setiap 1 Desember.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Depok Jaya, Euis Eka Kurniati mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mendeteksi secara dini penyebaran virus HIV. Sebab, ibu hamil yang terpapar virus ini berisiko tinggi menularkan kembali kepada calon bayi. "Risiko penularan HIV pada bayi dapat diturunkan bila si ibu tidak segera mendapatkan pengobatan," ujar Euis.

Menurut Euis, hampir seluruh Puskesmas di Kota Depok menyediakan pelayanan pemeriksaan tes HIV. Termasuk Puskesmas Depok Jaya. "Di masa pandemi kami tetap jalankan pemeriksaan HIV untuk ibu hamil dan calon pengantin," terangnya.

Ketua Warga Peduli Aids (WPA) Kecamatan Panmas, Kota Depok, Rosanah menambahkan, hasil pemeriksaan HIV akan diberikan petugas Puskesmas melalui telepon seluler langsung kepada puluhan ibu hamil tersebut. Jika ada yang terindikasi virus ini, pihaknya akan menindaklanjuti dengan berbagai metode pengobatan.

Selain difasilitasi pemeriksaan kesehatan, sambungnya, para ibu hamil ini juga diberikan paket bingkisan berupa susu penambah nutrisi. Disamping itu, beberapa anak-anak yang orangtuanya sudah terpapar HIV juga mengikuti tes tersebut.

"Tahun ini memang kami upayakan agar ibu hamil bagian dari populasi kunci untuk dites HIV," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement