Jumat 04 Dec 2020 10:35 WIB

Dinkes Sediakan Pemeriksaan HIV Gratis di Setiap Puskesmas

Dinkes Kota Depok menyediakan beberapal ayanan pemeriksaan HIV di puskesmas.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita.
Foto: Dok Pemkot Depok
Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kota Depok menyediakan layanan pemeriksaan HIV secara gratis di seluruh puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Depok, Jawa Barat. Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok menyatakan, terdapat beberapa layanan pemeriksaan HIV di puskesmas.

Di antaranya, layanan tes komprehensif terpadu (KT), infeksi menular seksual (IMS), dan tes inisiatif petugas kesehatan (TIPK) yang berada di 35 puskesmas. "Layanan pemeriksaan HIV secara gratis di puskesmas sesuai dengan Peraturan Wali (Perwal) Kota Depok Nomor 49 Tahun 2014," ujar Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita di Balai Kota Depok, Jumat (4/12).

Menurut Novarita, ada pula layanan satelit antiretroviral terapi (ART) di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pancoran Mas, UPTD Puskesmas Cipayung, dan UPTD Puskesmas Cimanggis. Kemudian, layanan pusat terapi rumatan methadon (PTRM) di UPTD Puskesmas Sukmajaya.

Selain itu juga tersedia layanan tes pencegahan penularan ibu dan anak (PPIA) di Puskesmas Pancoran Mas. Lalu, layanan jarum alat suntik steril (LJASS) di Puskesmas Sukmajaya, Puskesmas Pancoran Mas, Puskesmas Kemiri Muka, dan Puskesmas Rangkapan Jaya. "Penting untuk memeriksa kesehatan sejak dini," ucap Novarita.

 

Novarita menambahkann, di Kecamatan Pancoran Mas hingga kini, telah melakukan tes HIV ke-74 ibu hamil bertepatan pada peringatan Hari Aids Se-Dunia yang jatuh setiap 1 Desember.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement