Jumat 04 Dec 2020 10:19 WIB

Ratusan Pengawas TPS Pilkada Maluku Utara Reaktif Covid

Seluruh petugas yang menjalani rapid test ada 117 orang reaktif

Petugas medis mengambil sampel darah anggota Panitia Pemungutan Suara ( PPS)
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Petugas medis mengambil sampel darah anggota Panitia Pemungutan Suara ( PPS)

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE - Ratusan petugas pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada serentak 9 Desember 2020 di Maluku Utara dinyatakan reaktif usai menjalani rapid test.

"Seluruh petugas yang menjalani rapid test ada 117 orang reaktif dan 1.757 non reaktif, sementara sebanyak 410 masih menunggu hasil rapid test," kata anggota Bawaslu Provinsi Malut, Aslan Hasan, Jumat (4/12).

Data Bawaslu Provinsi Maluku Utara hingga per 3 Desember 2020 dari 8 kabupaten dan kota yang melaksanakan Pilkada terdapat 117 PTPS dinyatakan reaktif setelah jalani rapid test. Untuk jumlah PTPS yang tersebar di 8 kabupaten dan kota di Malut yang melaksanakan Pilkada sebanyak 2.405 pengawas TPS, sedangkan yang telah rapid test 2.284 orang, dan 121 belum melaksanakan rapid test.

Aslan Hasan menjelaskan, dari jumlah PTPS yang hasilnya reaktif terbanyak adalah perempuan, dimana 70 orang PTPS perempuan sedangkan 47 orang PTPS laki-laki.

Sementara di jajaran KPU, sebanyak 21.654 Kelompok Penyelenggara Pemungutan dan Penghitungan Suara (KPPS) termasuk Linmas juga telah menjalani rapit test sejak 29 November hingga 5 Desember. Akan tetapi, sejauh ini, KPU Provinsi Malut belum menerima hasil pemeriksaan tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement