Jumat 04 Dec 2020 08:22 WIB

UGM Raih Tiga Gelar pada Kontes Mobil Hemat Energi 2020

UGM meluncurkan dua mobil yaitu Semar Urban dan Semar Proto.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
Kampus UGM
Kampus UGM

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tim Semar Universitas Gadjah Mada terus berinovasi dalam riset kendaraan mobil hemat energi. Mengembangkan kedua mobilnya, baru-baru ini mereka berlaga dan berhasil mengukir beberapa prestasi di Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020.

Kompetisi digelar secara daring Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Universitas Indonesia (UI) 15 Oktober-30 November 2020. KMHE jadi lomba kendaraan hemat energi rancangan mahasiswa seluruh Indonesia.

Pada KMHE 2020, jumlah yang mengikuti kompetisi 110 tim dari 74 perguruan tinggi, berlaga di dua kategori yaitu urban dan prototipe. Pembimbing Tim Semar, Dr Jayan Sentanuhady mengatakan, UGM meluncurkan dua mobil yaitu Semar Urban dan Semar Proto.

Semar Urban merupakan mobil kategori urban mirip common citycar roda empat berbahan bakar bensin dan memiliki posisi berkendara yang ergonomis. Sedangkan, Semar Proto mobil prototipe bermotor listrik berdaya rendah dengan pengontrol super efisien.

"Setelah melewati tahap seleksi, kedua mobil Tim Semar UGM dinyatakan lolos menjadi finalis KMHE 2020. Keduanya lolos untuk untuk masing-masing kategori, Semar Urban kategori urban dan Semar Proto kategori prototipe Semar," kata Jayan, Rabu (2/12).

Akhirnya, diumumkan Tim SEMAR UGM meraih beberapa gelar. Juara III kategori urban, kriteria perancangan bodi dan sasis untuk Semar Urban, dan juara II dan III kategori prototipe, kriteria moden desain dan perancangan bodi dan sasis untuk Semar Proto. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement