Thursday, 13 Rajab 1442 / 25 February 2021

Thursday, 13 Rajab 1442 / 25 February 2021

Takut Digebuki, Maling Kotak Amal Nyebur ke Kali

Jumat 04 Dec 2020 00:27 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Esthi Maharani

Ilustrasi Pencurian Kotak Amal

Ilustrasi Pencurian Kotak Amal

Foto: Foto : MgRol112
Kotak amal tersebut tidak bisa dibuka karena dilas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang maling kotak amal nekat meloncat ke sebuah kali karena takut digebuki massa. Ia dikejar massa usai ketahuan berusaha membobol kotak amal Mushala Al-Ikhlas di Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (3/12).

Kaburnya pelaku tersebut ke dalam kali terekam dalam sebuah video yang tersebar luas di media sosial. Tampak pria itu berada di tengah badan kali yang airnya berwarna hitam. Ia akhirnya dibantu warga untuk keluar dari kali tersebut menggunakan sebilah kayu panjang.

Kanit Reskrim Polsek Cengkareng, AKP Arnold Simanjuntak, membenarkan peristiwa itu. Pelaku, kata dia, adalah pria bernama Irwan (19 tahun).  Arnold mengatakan, kejadian itu bermula dari aksi Irwan yang mencuri kotak amal Mushala Al-Ikhlas pukul 06.30 WIB.

"Namun kotak tersebut tidak bisa dibuka karena dilas," kata Arnold ketika dikonfirmasi di Jakarta, Kamis .

Aksi gagal Irwan itu ternyata dipergoki pengurus mushala. Ia lalu kabur. Takut dipukuli massa yang mengejar, Irwan akhirnya loncat ke kali.

"Selanjutnya saksi bersama warga mengamankan pelaku ke pos RW 12, Kapuk. Kemudian petugas piket Reskrim menjemput pelaku untuk diperiksa di Polsek Cengkareng," kata Arnold.

Dari hasil pemeriksaan, lanjut Arnold, pelaku mengaku nekat mencuri kotak amal karena butuh uang untuk jajan. Kendati demikian, pelaku tak diproses secara hukum.

Sebab, pengurus mushala telah memaafkan pelaku dan enggan meneruskan persoalan ini ke jalur hukum. Selain itu, kotak amal yang hendak dibobol Irwan kebetulan juga dalam keadaan kosong.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA