Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Lakukan 6 Rutinitas Pagi Ini untuk Hidup Lebih Sehat

Kamis 03 Dec 2020 18:07 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Rutinitas pagi (ilustrasi).

Rutinitas pagi (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Hindari gawai setidaknya selama 20 menit setelah bangun tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Kebanyakan orang merasa memiliki waktu luang yang singkat pada pagi hari sebelum memulai aktivitas. Terlepas dari itu, penting untuk tetap memiliki rutinitas pagi hari yang baik.

Empat jam pertama pada waktu pagi akan sangat menentukan seberapa energik dan juga stresnya seseorang sepanjang hari. Oleh karena itu, penting untuk membentuk kebiasaan atau rutinitas pagi yang tepat.

Setidaknya ada enam rutinitas pagi yang dapat menunjang kesehatan dan mendorong produktivitas yang lebih baik. Berikut ini adalah keenam rutinitas pagi tersebut, seperti dilansir di Doctor NDTV, Kamis (3/12):

1. Sarapan sehat

Menyantap makanan sehat pada pagi hari merupakan bagian penting dalam rutintias pagi. Menu sarapan yang seimbang dapat menjauhkan kecenderungan sikap mudah marah karena lapar. Selain itu, sarapan yang bergizi juga dapat memberi sokongan energi yang baik serta meningkatkan fokus serta suasana hati. Pastikan ada protein tanpa lemak, sayur atau buah, dan gandum utuh dalam menu sarapan.

2. Minum air putih

Minum air putih pada pagi hari sangat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Di satu sisi, minum air putih pada pagi hari dapat mendorong metabolisme, merehidrasi tubuh, dan menunjang produktivitas. Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat membantu mengontrol nafsu makan.

3. Meditasi

Coba awali hari dengan keheningan melalui meditasi pada pagi hari. Meditasi memiliki beragam manfaat seperti meningkatkan fokus hingga menurunkan stres. Cukup lakukan meditasi selama beberapa menit saja setiap pagi untuk mendapatkan manfaat-manfaat ini.

4. Jauhi gawai

Mencari gawai sesaat setelah bangun tidur tampaknya telah menjadi refleks bagi banyak orang. Coba untuk menahan diri dan menjauhi gawai sesaat setelah bangun tidur. Dengan begitu, fokus dan energi bisa disalurkan pada hal lain dengan lebih optimal. Hindari gawai setidaknya selama 20 menit setelah bangun tidur.

5. Olahraga

Olahraga merupakan rutinitas pagi yang sangat baik. Tak perlu melakukan olahraga yang rumit. Berjalan kaki, yoga, atau bahkan sit-up sudah cukup untuk memberikan manfaat. Pilih jenis olahraga yang paling sesuai dengan minat dan kondisi diri sendiri.

6. Latih rasa syukur

Ada lebih banyak hal yang bisa dilihat dengan sudut pandang yang positif. Memang ada banyak hal di luar kendali yang mungkin terjadi di dalam kehidupan. Akan tetapi, coba untuk tetap menemukan hal-hal yang bisa disyukuri. Dengan memiliki rasa syukur, seseorang bisa memiliki pola pikir yang lebih baik.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA