Kamis 03 Dec 2020 14:24 WIB

Masyarakat Tanpa Riba Perluas Fasilitas Air Minum Gratis

Fasilitas air minum gratis dibangun di Kampung Percetakan, Kota Bekasi.

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Fuji Pratiwi
Masyarakat Tanpa Riba (MTR) membangun fasilitas air minum gratis buat masyarakat. Kali ini, MTR membangun fasilitas air minum gratis di Kampung Percetakan, Kota Bekasi, Jawa Barat.
Foto: Dok MTR
Masyarakat Tanpa Riba (MTR) membangun fasilitas air minum gratis buat masyarakat. Kali ini, MTR membangun fasilitas air minum gratis di Kampung Percetakan, Kota Bekasi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Komunitas Masyarakat Tanpa Riba (MTR) kembali membangun fasilitas air siap minum gratis di Bekasi, Jawa Barat. Kali ini, fasilitas tersebut dibangun di Kampung Percetakan yang berada di seberang Stasiun Kota Bekasi.

Pegiat MTR Bekasi, Shofwan mengatakan, Kampung Percetakan yang dihuni puluhan pengusaha percetakan tersebut merupakan kawasan padat penduduk. Mayoritas mereka merupakan masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah.  

Baca Juga

Ia mengatakan, fasilitas serupa sebelumnya dibangun di kawasan Bojong Menteng, Bekasi. MTR Bekasi, kata dia, berinisiatif menduplikasi konsep air minum gratis yang sudah dibangun Masyarakat Tanpa Riba Jakarta.

"Secara keseluruhan fasilitas air minum di Kampung Percetakan merupakan lokasi kelima yang dibangun oleh Komunitas MTR," kata Shofwan dalam keterangan tertulis, Kamis (3/12).

Menurut dia, fasilitas air minum ini bisa menghasilkan hingga ribuan galon air. Ia menyebut, air yang disedekahkan sudah lulus uji laboratorium Sucofindo dan dinas kesehatan sehingga aman dan layak untuk dikonsumsi.

"Sumber air dari tanah, kualitas sangat bagus dan layak minum," kata dia.

Pegiat komunitas MTR, Haerul Ikhwan mengatakan, komunitas MTR berupaya memberikan kontribusi nyata membantu ekonomi umat di masa pandemi Covid-19. MTR juga ingin mendorong agar umat bisa bangkit dan turut serta dalam program bela negara di sektor keuangan.

Ia menjelaskan, MTR merupakan komunitas yang memiliki misi mengedukasi masyarakat agar mampu menghentikan kebiasaan buruk berutang. Selain itu, MTR mengajak umat untuk bersama-sama menggerakan sektor riil sebagai bentuk bela negara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement