Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Sedang Hamil, Meghan Trainor Alami Diabetes Gestasional

Kamis 03 Dec 2020 10:52 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Penyanyi Meghan Trainor didiagnosis diabetes gestasional.

Penyanyi Meghan Trainor didiagnosis diabetes gestasional.

Foto: EPA
Meghan Trainor mengungkapkan diabetes gestasionalnya bisa ditangani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehamilan selayaknya memberikan kebahagiaan. Meski begitu, terkadang kehamilan mendatangan tantangan tersendiri, seperti yang dialami penyanyi Meghan Trainor.

Berbicara dengan Joe Fryer, Trainor mengungkapkan dirinya telah didiagnosis diabetes gestasional. Ia dan suaminya Daryl Sabara diperkirakan akan melahirkan putra pertama mereka pada Februari 2021.

"Saya didiagnosis diabetes gestasional, tetapi itu dapat ditangani dan tidak apa-apa dan saya sehat, bayinya sehat," kata Trainor, dilansir laman Today, Kamis (3/12).

Sejak didiagnosis diabetes yang muncul saat kehamilan, Trainor benar-benar memerhatikan semua yang dia makan. Penyanyi 26 tahun itu mengaku sangat menyenangkan belajar banyak tentang makanan dan kesehatan.

Menurut Trainor, diabetes gestasional juga cukup umum dialami banyak perempuan lainnya. Pelantun lagi “No” itu sempat khawatir tentang kemungkinan perkembangan kondisi tersebut.

Baca Juga

Bulan lalu, Trainor telah berhenti mengonsumsi keripik setelah dia mengetahui riwayat keluarga tentang diabetes. Ibunya, Kelli, diketahui juga pernah mengalami diabetes gestasional.

"Saya punya pelatih dan saya berhenti makan makanan tak bergizi," kata Trainor.

Diagnosis diabetes juga membuat Trainor dan Sabara membatasi beberapa rencana perayaan mereka selama bulan sibuk yang mencakup ulang tahun Trainor pada 22 Desember hingga ulang tahun pernikahan kedua mereka. Kemungkinan, ia tidak akan minum, tidak berpesta, bahkan tidak merayakan.

Trainor juga akan memperhitungkan setiap asupan karbohidrat yang dikonsumsi. “Saat ini aku tidak tahu apa yang bisa kita lakukan untuk merayakannya, tapi aku akan sangat bahagia, dan aku mengatakan kepada semua orang untuk ulang tahunku, berikan saja perlengkapan bayi,” ujar penyanyi pemenang Grammy itu.

Trainor mengaku terkadang merasa takut dan belajar lebih banyak tentang dunia. DiPusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperkirakan bahwa dua persen hingga 10 persen ibu hamil mengembangkan kondisi diabetes gestasional, yang disebabkan tubuh tidak mampu memproduksi cukup insulin selama kehamilan.

Diabetes gestasional dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi selama kehamilan serta risiko memiliki bayi besar yang perlu dilahirkan melalui operasi caesar. Kondisi tersebut juga menempatkan bayi pada risiko lebih tinggi untuk dilahirkan lebih awal, memiliki gula darah rendah, dan mengembangkan diabetes tipe 2 di kemudian hari.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB