Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Penyebaran Covid-19 di Industri Musik Korea Meningkat

Kamis 03 Dec 2020 08:50 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

 Anggota girl group Everglow, Yiren And Sihyeon, positif Covid-19. Hasil penelusuran kontak berkembang menjadi kasus yang lebih besar di industri musik Korea Selatan.

Anggota girl group Everglow, Yiren And Sihyeon, positif Covid-19. Hasil penelusuran kontak berkembang menjadi kasus yang lebih besar di industri musik Korea Selatan.

Foto: Soompi
Beberapa idola K-Pop kena Covid-19, kekhawatiran meningkat di Korea Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Kekhawatiran penyebaran virus corona tipe baru (SARS-CoV-2) di industri musik Korea Selatan meningkat setelah beberapa anggota grup K-Pop dinyatakan positif Covid-19 pada awal pekan ini. Agensi Yue Hua Entertainment mengumumkan dua anggota girl group Everglow, Yiren dan Si-hyeon dites positif Covid-19, Selasa (1/12).

Yiren pertama kali dinyatakan positif, setelah melakukan pemeriksaan mandiri. Salah satu kenalannya diketahui positif Cocid-19.

Setelah itu, anggota lain dari girl group beranggotakan enam orang itu juga menjalani pemeriksaan. Si-hyeon dinyatakan positif Covid-19, sementara empat anggota lainnya negatif.

Hasil penelusuran segera berkembang menjadi kasus lebih besar, karena grup itu menghadiri syuting untuk sebuah episode dari program musik populer "Yu Hui-yeol's Sketchbook" pada 24 November lalu. Penyanyi lain yang mengambil bagian dalam syuting, yakni Kim Hyeon-cheol, Joo Hyun-mi, Gummy, dan Teen Top, serta MC Yu Hui-yeol dan staf program. Para pengisi acara melakukan tes usap.

Sebagian besar penyanyi, kecuali Teen Top yang sedang menunggu hasilnya telah dinyatakan negatif. Agensi pembawa acada Yu mengatakan, artisnya telah menunda jadwal lain selama sepekan dan berencana mengisolasi diri sebagai tindakan pencegahan.

Pada Selasa, dua anggota boy band K-Pop UP10Tion juga dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Kogyeol dan Bitto, masing-masing dinyatakan positif Covid-19 pada Senin dan Selasa. Agensi TOP Media menyatakan anggota UP10Tion lainnya dinyatakan negatif.

Bitto pertama kali melakukan skrining setelah otoritas kesehatan menginformasikan bahwa dia telah melakukan kontak dengan pasien Covid-19. Setelah dipastikan tertular virus keesokan harinya, anggota lain menjalani tes.

Baca Juga

Dari tes itu, Kogyeol juga dinyatakan positif. Agensi mengatakan, para anggota yang dites positif terkena virus akan mengikuti pedoman otoritas kesehatan, sementara anggota lainnya dan manajer melakukan isolasi di rumah selama dua pekan.

Penyanyi, MC, dan staf yang mengambil bagian dalam program musik dari penyiar MBC dan SBS pada Sabtu dan Ahad juga mengikuti tes usap, karena UP10Tion tampil di acara tersebut. Kebanyakan dari mereka, termasuk NCT, CNBlue, Aespa, Akmu, dan Treasure telah dites negatif untuk virus corona.

Dilansir Yonhap pada Rabu (2/12), Korea Selatan memerangi lonjakan kasus Covid-19 di wilayah metropolitan Seoul. Pada Rabu (2/12), negara itu menambahkan 511 lebih kasus Covid-19, termasuk 493 infeksi lokal.

Menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea, data itu meningkatkan total beban kasus menjadi 35.163. Otoritas kesehatan telah memperingatkan bahwa negara tersebut dapat melaporkan kasus virus harian antara 700 dan 1.000 dalam satu atau dua pekan mendatang, kecuali kecepatan saat ini bisa diatasi. Prediksi itu disebabkan kelompok infeksi sporadis dengan berbagai ukuran terus pecah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA