Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Inspirasi Pola Makan Sehat Ala Chef Jamie Oliver, Mau Coba?

Kamis 03 Dec 2020 07:44 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Chef Jamie Oliver membagikan inspirasi menu makannya dalam satu hari.

Chef Jamie Oliver membagikan inspirasi menu makannya dalam satu hari.

Foto: EPA
Jamie Oliver terkenal dengan kreasi masakan yang menggugah selera.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepiawaian chef Jamie Oliver dalam mengolah berbagai jenis makanan tentu sudah tak diragukan. Mulai dari acara televisi hingga buku memasak, Oliver selalu berhasil menghadirkan kreasi masakan yang menggugah selera.

Keahlian memasak Oliver mungkin memancing rasa penasaran sebagian orang mengenai pola makan seperti apa yang biasa diterapkan Oliver dalam keseharian. Oliver memiliki jawaban yang cukup sederhana untuk menjawab rasa penasaran tersebut.

Melalui sesi wawancara terbaru bersama Radio Times, Oliver mengatakan saat ini dia sedang berusaha menurunkan berat badan. Salah satu cara yang dia lakukan adalah memodifikasi pola makan dengan mengurangi konsumsi daging.

"Saya mengurangi konsumsi daging, memperbesar konsumsi sayuran, tidur lebih lama, dan lebih banyak bergerak," ujar Oliver, seperti dilansir Hello Magazine.

Oliver juga tak segan berbagai menu makanan yang biasa dia konsumsi pada saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Berikut ini adalah pola makan yang biasa diterapkan Oliver dalam satu hari.

Sarapan
Oliver kerap memilih menu sarapan sehat untuk mengawali harinya. Granola merupakan salah satu menu sarapan yang disukai oleh Oliver.

Granola dapat dikreasikan dengan berbagai jenis makanan berbeda seperti buah kering, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Oleh karena itu, konsumsi granola dapat memberi pengalaman bersantap yang berbeda-beda sehingga tidak membosankan.

"Granola juga sempurna sebagai sarapan cepat," ungkap Oliver dalam kesempatan berbeda.

Menu sarapan lain yang digemari Oliver adalah telur. Terkait telur, Oliver tampak menyukai sajian telur rebus. Kegemarannya terhadap telur rebus sebagai menu sarapan pernah dia tunjukkan melalui akun Instagram pribadinya.

Makan siang
Oliver dikenal sebagai chef yang memiliki banyak kreasi resep salad. Oleh karena itu, salad mungkin memainkan peran besar dalam menu makan siang Oliver.

Selain itu, Oliver juga dikenal menggemari sajian sup. Salah satu jenis sup yang disukai Oliver adalah sup minestrone.

"Ini merupakan sebuah resep yang serbaguna untuk dikreasikan, tergantung jenis sayuran yang Anda punya di rumah saat ini," jelas Oliver.

Makan malam
Salah satu menu favorit Oliver untuk makan malam adalah pasta. Belum lama ini, Oliver juga berbagai resep pasta favorit keluarganya, yaitu pasta shell udang dan sweet pea.

Oliver mengatakan, resep tersebut merupakan kreasi istrinya, Jools. Oliver menyebut, resep ini cocok untuk dijadikan sebagai menu makan siang atau pun makan malam.

"Semua bahan yang dibutuhkan ada di lemari pendingin atau rak-rak toko," kata Oliver.

Selain itu, steak juga menjadi salah satu menu yang disukai Oliver untuk makan malam. Meski sedang mengurangi konsumsi daging, steak tampaknya masih menjadi favorit Oliver.

Camilan
Dalam hal camilan, Oliver juga memilih makanan yang sehat. Kudapan yang saat ini disukai oleh Oliver adalah kacang-kacangan.

Tak hanya untuk diri sendiri, Oliver juga menganjurkan agar orang tua memberikan kacang sebagai salah satu opsi makanan ringan untuk anak.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA