Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Ahok Sebut akan Tutup Beberapa Kilang Pertamina

Kamis 03 Dec 2020 07:18 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Andi Nur Aminah

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Foto: Antara/Reno Esnir
KIlang Pertamina yang akan ditutup yang dinilai tak lagi ekonomis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahja Purnama atau yang kerap disapa Ahok berencana untuk menutup sejumlah kilang Pertamina yang tak lagi ekonomis. Langkah ini dilakukan untuk ke depannya Pertamina membangun kilang baru dan mengintegrasikannya dengan pabrik petrokimia.

"Mungkin beberapa akan ditutup karena sangat tidak efisien. Oleh karenaya butuh yang baru sebagai kilang terintegrasi," kata Ahok dalam 2020 International Convention On Indonesian Upstream Oil & Gas yang diselenggarakan virtual, Rabu (2/12).

Ahok menambahkan, dua lokasi yang kini diproyeksikan akan dikembangkan sebagai kilang terintegrasi petrokimia yakni Kilang Tuban dan Kilang Balongan. Ahok menjelaskan, dalam mendorong integrasi ini, Pertamina juga membuka opsi untuk kerja sama dengan para calon investor.

Baca Juga

Menurutnya, para investor dapat berinvestasi pada kompleks kilang petrokimia. Demi langkah tersebut, Ahok bahkan memastikan pihaknya siap untuk menjadi partner pemegang saham minoritas. "Investor bisa bawa crude oil-nya ke Indonesia, menjadi supplier dan Pertamina jamin beli dengan harga pasar," ungkap Ahok.

Kendati demikian, Ahok belum mau merinci kilang mana saja yang berpotensi akan ditutup. Sejauh ini tercatat Pertamina memiliki rencana pengembangan kapasitas empat kilang dan pembangunan satu kilang baru. Dengan penambahan ini maka kapasitas pengolahan kilang akan meningkat menjadi sebesar 1,8 juta bph.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB