Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

3 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Kamis 03 Dec 2020 06:54 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Pedagang es kelapa muda. Air kelapa dapat membantu mengisi elektrolit yang hilang setelah sesi olahraga yang berkeringat.

Pedagang es kelapa muda. Air kelapa dapat membantu mengisi elektrolit yang hilang setelah sesi olahraga yang berkeringat.

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Bukan hanya menyegarkan, air kelapa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air kelapa populer sebagai minuman yang menyegarkan sekaligus memiliki banyak manfaat kesehatan. Minumannya kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu tubuh, mulai dari membantu hidrasi tubuh, mencegah batu ginjal, hingga meningkatkan kesehatan jantung.

Air kelapa merupakan cairan bening yang berasal dari dalam buah kelapa muda berwarna hijau. Meskipun air kelapa pada dasarnya adalah gula buah dan air, tapi kandungan gula airnya sekitar setengah dari jus buah lainnya, sehingga menjadikannya pilihan lebih sehat.

Segelas air kelapa berukuran 236 mililiter (ml) tanpa gula memiliki 44 kalori. Air kelapa dengan takaran saji seperti itu mengandung 10 gram karbohidrat, 0 gram serat, 10 gram gula, 0,5 gram protein, 9 persen dari asupan harian yang direkomendasikan (RDI) kalium, 23 persen dari RDI mangan, 4 persen dari RDI magnesium, 3 persen dari RDI sodium, 27 persen dari RDI vitamin C, 1 persen dari RDI kalium, serta 0 persen dari RDI besi.

Dilansir Insider, berikut tiga manfaat kesehatan dari air kelapa yang memiliki bukti ilmiah.

1. Mendukung kesehatan jantung
Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, tapi air kelapa dapat membantu mengontrol tekanan darah, indikator utama kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian kecil pada 2005, orang yang minum 1,3 cangkir air kelapa dua kali sehari selama 10 hari mengalami penurunan tekanan darah signifikan, jika dibandingkan orang yang minum air kemasan.

Baca Juga

Kemungkinan, hal itu disebabkan air kelapa mengandung kalium, yakni nutrisi penting untuk kesehatan jantung. Jika sedang menjalani diet rendah kalium, menambahkan lebih banyak melalui makanan atau minuman seperti air kelapa dapat membantu menurunkan resiko dari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Meskipun masih butuh penelitian lebih lanjut, tapi pemantauan pada hewan juga menunjukkan bahwa air kelapa juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menurunkan kolesterol dan mencegah pembekuan darah.

2. Memberikan hidrasi sangat baik usai berolahraga
Saat berkeringat setelah olahraga, orang tak hanya kehilangan air, tetapi juga garam elektrolit, seperti natrium, kalium, dan magnesium.

"Air kelapa membantu mengisi elektrolit yang hilang setelah sesi olahraga yang berkeringat," kata ahli diet terdaftar dalam praktik swasta di New York City, Tracy Lockwood Beckerman.

Tubuh membutuhkan elektrolit untuk membantu menjaga keseimbangan penting antara air dan garam dalam tubuh. Selain itu, air kelapa memiliki kandungan air yang tinggi, sekitar 95 persen yang bagus untuk hidrasi.

3. Membantu mencegah batu ginjal
Batu ginjal terbentuk ketika mineral seperti kalsium dan oksalat menggumpal dan mengkristal di dalam ginjal. Air kelapa dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan kadar sitrat dan kalium dalam urine.

Senyawa itu membantu mencegah kalsium menumpuk di ginjal dan membentuk batu. Sebuah studi kecil pada 2018 menemukan bahwa orang yang minum dua liter air kelapa per hari mengalami peningkatan signifikan dalam kadar sitrat dan kalium dalam urinenya.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengungkap apakah minum air kelapa dalam jumlah lebih sedikit dapat memiliki efek yang serupa.

Air kelapa menawarkan manfaat kesehatan bagi seluruh tubuh, serta menyediakan vitamin dan mineral penting. Namun, terlepas dari kelebihannya, air kelapa mungkin masih terlalu manis untuk orang yang ingin mengurangi gula.


“Untuk mengurangi kadar gula, encerkan dengan air atau air soda agar bisa mendapatkan sentuhan manis tanpa gula berlebih,” kata Beckerman.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA