Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Russell Gantikan Lewis Hamilton di Tim Mercedes

Kamis 03 Dec 2020 00:05 WIB

Red: Endro Yuwanto

George Russell

George Russell

Foto: motorsport
Setelah mendapat persetujuan dari Williams, Russell akan menjadi tandem Bottas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- George Russell dimandati oleh tim Mercedes menggantikan Lewis Hamilton, yang sedang terjangkit Covid-19, di Grand Prix Sakhir, Bahrain, akhir pekan ini. Mercedes telah membuka pembicaraan dengan Williams untuk meminjam pembalap muda asal Inggris itu.

Russell selama ini mendapat dukungan tim Silver Arrow dalam kariernya untuk berlaga di balapan kedua di Bahrain, sementara Hamilton masih harus menjalani isolasi. Setelah mendapat persetujuan dari Williams, Russell akan menjadi tandem Valtteri Bottas di balapan penutupan musim ini.

Sementara itu, pembalap cadangan Williams, Jack Aitken akan menggantikan peran Russell di Williams, untuk menjalani debutnya di F1 bersama Nicholas Latifi.

"Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan banyak terima kasih pada setiap orang di Williams atas dukungan mereka dalam memberi saya kesempatan yang luar biasa ini untuk membalap bersama Mercedes akhir pekan ini," kata Russell seperti dalam pesan video yang diunggah sosial media tim Williams, Rabu (2/12). "Saya masih 100 persen pembalap Williams. Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk belajar dari yang terbaik menjadi pembalap yang lebih baik."

Russell memiliki sejumlah pengalaman bersama Mercedes. Ia menjalani enam hari tes bersama tim itu sejak 2017 dan tes paling terakhir di sesi tes pengujung musim tahun lalu di Abu Dhabi. Ia menjalani debutnya di F1 tahun lalu bersama Williams dan dipandang sebagai calon bintang setelah tampil mengesankan dengan mobil yang kurang kompetitif tahun ini.

Russell belum pernah mencetak poin sejauh ini, namun nyaris mengais poin setelah finis P11 satu kali dan P12 dua kali, juga ketika di Imola sebelum ia menabrak pagar pembatas ketika melaju di belakang safety car.

Di babak kualifikasi, Russell mengalahkan rekan satu timnya dalam 36 balapan dengan meraih posisi start lebih baik. Mercedes melihat potensi Russell dan pernah mempertimbangkan untuk memberinya bangku membalap di tahun ini, namun Williams tidak ingin melepaskan sang pembalap yang masih terikat kontrak berdurasi tiga tahun itu.

Russel juga memiliki opsi untuk tetap membela Mercedes di seri pemungkas di Abu Dhabi, jika Hamilton belum sembuh dan tidak bisa membalap.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA