Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Rahasia Tubuh Ideal Ala Chris Hemsworth, Ada Plus Minusnya

Rabu 02 Dec 2020 17:07 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Chris Hemsworth

Chris Hemsworth

Foto: Menshealth
Sarapan Hemsworth terdiri dari campuran protein, serat, dan karbohidrat kompleks.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Menjadi aktor yang kerap dituntut tampil bugar dan menawan, membuat aktor Chris Hemsworth ketat memilih nutrisi maupun latihan fisik. Pria asal Australia itu mempunyai rahasia dalam membentuk tubuh ideal sekaligus menjaga kesehatannya.

Seperti yang pernah dia sampaikan sejak 2019, selama setahun terakhir, aktor 37 tahun itu mengubah banyak program pelatihan dan nutrisi yang dikonsumsinya. Dia pun merasa berhasil dengan pola tersebut.

Dalam sebuah unggahan terbaru di Instagram, dilansir di laman Mens Health, Rabu (2/12), Hemsworth menunjukkan aktivitasnya melatih fisik dan beberapa kegiatan yang dia lakukan bersama aplikasi kesehatan dan kebugarannya Centr. Aplikasi ini mengintegrasikan pikiran serta tubuh melalui rencana latihan, diet, dan gaya hidup yang berkaitan dengan manajemen berat badan.

Bagaimana sebenarnya pola hidup sehari-hari Hemsworth? Tepat setelah bangun, Hemsworth biasanya memulai harinya dengan shake nabati. Dia memilih berbagai makanan nabati utuh seperti hasil bumi dan biji-bijian dilengkapi protein.

"Kemudian dia sarapan lebih lengkap beberapa jam kemudian," kata seorang ahli diet, Kelly Jones.

Hemsworth makan sekitar dua jam sebelum berolahraga untuk memastikan proses pencernaan makanan dalam tubuh sekaligus sebagai bahan bakar untuk berkegiatan. Sarapan pemain Avengers: Endgame itu biasanya mengandung campuran protein, serat, dan karbohidrat kompleks yang baik.

Hemsworth cenderung memasukkan tiga telur dengan roti panggang atau bungkus dan beberapa sayuran, tapi juga terkadang memilih oatmeal gurih dengan telur sebagai pilihan lain. Dia juga mengemil secara teratur, seperti yogurt dan beri, dan protein kocok nabati. Saat makan siang, dia bisa memasukkan banyak daging merah dan terkadang bersama makan malam, dia melengkapinya dengan sayuran dan pati seperti kentang panggang atau nasi.

Plus minus diet ala Hemsworth

Pola makan seperti Hemsworth boleh dibilang gaya seorang atlet, bukan rata-rata pria. Menurut Jones, penting untuk menjaga hal ini dalam perspektif yang tidak salah.

Mengonsumsi camilan yang baru disiapkan secara substansial enam kali sehari, tanpa mengulanginya selama sepekan, bisa membuat stres. Porsi protein yang tinggi, semisal tiga dada ayam sekali makan, bisa saja bermanfaat untuk perbaikan otot, namun cara ini juga menjadikan energi melambat dan tidak efisien.

Ada manfaat dari ukuran porsi protein yang lebih kecil dan peningkatan asupan pati. Tetapi jika mencoba mengurangi karbohidrat, baiknya mengurangi porsi protein dan mempertahankan porsi pati. Ini terutama jika tingkat aktivitas dan massa otot juga lebih rendah.

Selain itu, asupan yoghurt yang sering dianggap sangat bagus untuk mendukung kesehatan usus bersama dengan prebiotik yang didapatkan dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan. Konsumsi roti dari biji-bijian utuh, wraps, dan pati seperti nasi dan kentang, dapat memberi energi pada aktivitas fisik dan mendukung pertumbuhan otot yang juga sehat.

Karbohidrat tersebut berguna untuk tingkat aktivitasnya yang ketat. "Latihannya memiliki fokus pelatihan fungsional dan menggabungkan gerakan seluruh tubuh yang penting untuk mendukung tidak hanya pertumbuhan dan pemeliharaan otot tetapi juga tulang yang sehat," kata Jones.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa Hemsworth hanya meminta saran diet kepada koki, daripada ahli diet terdaftar. Meskipun tidak semua orang memiliki sumber daya yang sama, Jones menyarankan alangkah lebih baik ada kolaborasi antara koki dan ahli diet untuk memberikan saran dalam pilihan diet.

Bagaimanapun, jika ingin melakukan diet ketat, pastikan setiap orang menemukan formula yang cocok. Bisa jadi diet yang dilakukan selebritas berhasil bagi dirinya sendiri, namun belum tentu untuk orang pada umumnya. Hemsworth pun diketahui sudah menjalani beberapa format sampai menemukan yang paling cocok.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA