Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

10 Film yang Dipengaruhi oleh Batman: The Dark Knight

Rabu 02 Dec 2020 14:23 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Film The Dark Knight.

Film The Dark Knight.

Foto: Warner Bros Pictures.
Cara pembuatan film Batman: The Dark Knight dinilai tak biasa.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film Batman: The Dark Knight (2008) arahan Christopher Nolan banyak mendapat pujian dan disebut sebagai film yang luar biasa. Pembuatan film dan cara penulisan naskah yang tidak biasa pun ternyata mampu mempengaruhi film-film blockbuster setelahnya.

Berikut 10 film yang dipengaruhi oleh Batman: The Dark Knight, seperti dilansir di laman Screen Rant pada Rabu (2/12):

1. Birdman (2014)

Meskipun Michael Keaton pernah memerankan Batman pada 1989 di film yang disutradarai Tim Burton, namun sebenarnya The Dark Knight yang memengaruhi perannya dalam film Birdman.

Keaton berperan sebagai aktor yang mencoba melepaskan diri dari hubungannya dengan Birdman, pahlawan super yang pernah dia mainkan dalam film bertahun-tahun yang lalu. Ketika berperan sebagai Birdman, penyampaian dialog Keaton sangat sesuai dengan pendekatan Christian Bale terhadap suara serak Christian Bale dalam film The Dark Knight.

2. War of the Planet of the Apes (2017)

Semua film War of the Planet of the Apes pada 2010-an jelas dipengaruhi oleh trilogi Batman arahan Nolan. Nada filmnya terkesan jauh lebih gelap, dan karakter utama Caesar melewati batas dengam membalas dendam pada orang-orang yang melakukan salah padanya. Ini persis seperti The Dark Knight meskipun mungkin film itu sering dianggap sebagai film Matt Reeves terbaik.

3. Batman VS Superman: Dawn of Justice (2016)

Film DC Batman VS Superman: Dawn of Justice adalah film berdurasi 2,5 jam dan salah satu film terburuk Zack Snyder, dengan setiap detail ada yang dipuji atau dikritik oleh penggemar. Namun, banyak penggemar sepakat bahwa film ini memiliki pendekatan terhadap Batman.

Saat Nolan menyatakan bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan Batman memiliki penjelasan logis, Snyder melanjutkan pendekatan ini. Menjadi film live-action pertama di mana Batman memiliki mata yang bersinar, Snyder memberikan penjelasan yang sangat membumi untuk itu, seperti yang dia lakukan untuk banyak kemampuan Batman lainnya.

4. Hitman: Agen 47 (2015)

Mengunggulkan cerita tentang penjahat yang paling ofensif dengan sengaja membuat diri mereka terkunci dalam skema yang sepenuhnya tidak logis, tidak lagi terlihat seperti Hitman: Agent 47, sebuah adaptasi dari video gim franchise dan sekuel Hitman 2008. Meskipun ada beberapa hal yang dipengaruhi dari film sebelumnya, Hitman: Agent 47 adalah film lain yang dipengaruhi oleh The Dark Knight.

5. Captain America: the Winter Soldier (2014)

Pengaruh aksi atau thriller 1970-an yang jelas dari Winter Soldier adalah salah satu alasan mengapa ini menjadi film terbaik. Seolah-olah Russo bersaudara dengan luar biasa mampu menyuntikkan adrenalin ke dalam seri, setelah film aksi periode hangat yang merupakan film Captain America pertama, Captain America: the Winter Soldier dengan mudah adalah film paling realistis dan membumi di seluruh MCU. Dengan putaran konstan di sepanjang film, itu juga mengingatkan kembali ke The Dark Knight.

6. Man of Steel (2013)

Nolan mungkin telah menulis skenario Man of Steel, tapi filmnya tidak begitu sukses seperti The Dark Knight. Film Batman menginspirasi banyak reboot dan Superman tanpa terkecuali. Batman pada dasarnya gelap, tetapi Superman jauh lebih positif, dan simbol di dadanya bahkan berarti harapan, sehingga pendekatan yang lebih gelap dan lebih realistis untuk karakter tersebut tidak cocok sama sekali.

7. Nightmare On Elm Street (2010)

Tidak mengherankan, pengaruh The Dark Knight pada film melampaui pahlawan super dan film aksi, karena sutradara Samuel Bayer telah menyatakan bahwa film Batman adalah pengaruh terbesar untuk pembuatan ulang Nightmare On Elm Street.

Bayer mengeklaim bahwa dia memberi tahu seluruh pemain dan kru bahwa mereka perlu meniru apa yang dilakukan Nolan dengan Batman. Tetapi, dalam melakukan itu, sutradara benar-benar salah memahami materi sumber yang dia adaptasi dan akhirnya membuat salah satu horor terburuk remake pernah dibuat.

8. Star Trek Into Darkness (2013)

Menjadi penjahat yang secara langsung dipengaruhi oleh Joker, John Harrison dari Star Trek Into Darkness diperankan oleh Benedict Cumberbatch, adalah turunan yang jelas dari penjahat di film Batman: The Dark Knight. Into Darkness juga memiliki nada yang jauh lebih gelap, seperti The Dark Knight.

9. Punisher: War Zone (2008)

Punisher: War Zone dipengaruhi oleh The Dark Knight dengan salah satu cara yang lebih unik, karena tidak dipengaruhi oleh narasi atau karakternya, tetapi musik skor Hans Zimmer. Menurut sutradara Lexi Alexander, studio tersebut mengganti musik orisinal, yang tampaknya lebih bernuansa B-movie dengan lebih banyak komposisi film laga, dan itu merupakan reaksi langsung terhadap kesuksesan The Dark Knight. Sayangnya, musik tersebut tidak membantu Punisher menjadi salah satu bom box office pahlawan super terburuk.

10. Skyfall (2012)

Penampilan Javier Bardem sebagai Silva adalah salah satu hal yang benar dalam film, tetapi ada banyak plot buruk dalam film Skyfall terkait dengan penjahat. Mengenyampingkan fakta bahwa dia entah bagaimana memiliki pulau besarnya sendiri tanpa alasan, narasi berbelit-belit berputar di sekitar penjahat yang sengaja ditangkap hanya untuk melarikan diri. Rencana Silva adalah salinan dari Joker, dan kami membayangkan bahwa, tanpa The Dark Knight, Skyfall akan benar-benar berbeda.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA