Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Nyoblos Seminggu Lagi, Legislator Ingatkan Ini

Rabu 02 Dec 2020 06:50 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andi Nur Aminah

Pelaksanaan Pilkada makin dekat, tampak petugas mengemas surat suara yang telah dilipat ke dalam amplop di salah satu kantor KPU (ilustrasi)

Pelaksanaan Pilkada makin dekat, tampak petugas mengemas surat suara yang telah dilipat ke dalam amplop di salah satu kantor KPU (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Seluruh stakeholder agar bahu membahu menyukseskan pilkada di tengah pandemi ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tepat tujuh hari lagi pemungutan suara pilkada serentak 2020 akan digelar. Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus mengingatkan agar seluruh stakeholder bahu membahu menyukseskan pilkada yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020.

"Sukses hari ini berbeda dengan sukses biasa-biasa. Sukses hari ini adalah karena pilkada dilaksanakan kondisi pandemi covid, yang utama itu adalah bagaimana penyelenggara tidak terdampak pandemi covid akibat tugas yang dia lakukan. Begitu juga masyarakat yang melakukan hak konstitusional untuk melakukan pemilihan," kata Guspardi kepada Republika.co.id, Selasa (1/12).

Baca Juga

Menurutnya protokol kesehatan tetap harus dilakukan. Politikus PAN itu menganggap penegakkan protokol kesehatan merupakan harga mati yang tidak boleh ditawar. "Dalam kampanye yang tinggal beberapa hari lagi dalam melaksanakan kampanyenya harus mengindahkan protokol kesehatan," ungkapnya.

Ia mengungkapkan bahwa sinergitas seluruh elemen untuk mengimbau seluruh masyarakat agar menegakan protokoler kesehatan perlu dilakukan. Kemudian dia mengingatkan agar calon pemilih bisa datang ke TPS sesuai waktu yang ditentukan.

"Penyelenggara di TPS jangan terlalu kaku juga. Kalau orang dijadwalkan pukul 08.00, tapi dia datang 08.30 atau 11.00 atau dia dateng pagi, padahal jadwalnya jam 10.00 atau 11.00, jangan disuruh pulang, kalau disuruh dateng lagi orang enggak akan balik lagi. Harus fleksibel dalam menerapkan jadwal waktu yang ditentukan," ungkapnya.

Dia meminta penyelenggara mewanti-wanti hal tersebut. Hal tersebut mengingat KPU menargetkan pilkada kali ini diikuti 77,50 persen pemilih. "Melebihi Pilkada dalam keadaan normal, apa ini mungkin dilaksanakan?," ucapnya.

Oleh karena itu, supaya target tercapai tentu sosialisasi harus dilakukan oleh KPU. Selain itu KPU Bawaslu kabupaten kota juga diharapkan bisa memberikan edukasi kepada para petugas di masing-masing TPS terkait calon pemilih yang diperbolehkan memilih.

 
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler