Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Jelang Belajar Tatap Muka, Sukabumi Dorong Guru Berinovasi

Rabu 02 Dec 2020 00:20 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah

Wali kota Sukabumi Achmad Fahmi

Wali kota Sukabumi Achmad Fahmi

Foto: Humas Pemkot Sukabumi
Guru diminta meramu cara mendiidik yang benar dan mencapai target kurikulum darurat

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Di masa pandemi Covid-19 dituntut adanya inovasi agar bisa bertahan dan bangkit. Hal ini misalnya harus dilakukan di bidang pendidikan khususnya para guru atau tenaga pendidik.

Hal ini disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat membuka seleksi substansi bakal calon kepala sekolah moda daring di lingkup Pemkot Sukabumi di SMA 4 Sukabumi, Selasa (1/12). "Seleksi ini melahirkan kepala sekolah yang mumpuni dari segala sisi terutama leadership dan managerial serta guru berinovasi di masa pandemi," ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Seleksi bakal calon kepala sekolah yang diikuti sebanyak 29 orang ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi Nicke Siti Rahayu dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Asep Suhendrawan."Seleksi bakal calon kepala sekolah ini dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga dengan daring," ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Baca Juga

Kegiatan ini untuk menggali kemampuan managerial dan leadsrship bakal calon kepala sekolah. Sebab kepala sekolah memegang peran penting terkait sukses atau tidaknya pembelajaran di institusi tersebut.

Fahmi mengatakan, intinya semua sekolah unggulan karena kepemimpinan dari kepala sekolah yang harus mampu membawa arah proses pendidikan baik dan benar.

Menurut Fahmi, tantangan dunia pendidikan berbeda dari tahun ke tahun khususnya saat ini masa pandemi. Di mana kepala sekolah diminta meramu cara pendidikan yang benar dengan mencapai target kurikulum darurat dan ini berbeda dengan tahun depan.

Rencananya proses belajar tatap muka boleh dilaksanakan pada Januari 2021 dan calon kepala sekolah siapkan desain dan roadmap. Targetnya calon kepala sekolah mumpuni dari leadership, managerial dan pandemi menunjukkan tantangan calon kepala sekolah inovatif dan beradaptasi cepat dengan kondisi apapun.

"Kami juga berupaya agar sekolah mempersiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan jeoang dibukanya belajar tatap muka," kata Fahmi. Sehingga ketika dimulai belajar tatap muka maka tidak ada kendala.

Kepala Disdik Kota Sukabumi Nicke Siti Rahayu mengatakan, sekolah di Kota Sukabumi sudah bersiap menghadapi dibukanya pendidikan tatap muka. Di mana nantinya disdik akan memantau proses persiapan di setiap sekolah.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA