Selasa 01 Dec 2020 22:28 WIB

TPU Pondok Rangon Penuh, Jenazah Covid-19 Ditumpuk

Makam untuk Muslim di TPU Pondok Rangon penuh sejak 8 November

Rep: Febryan. A/ Red: Nur Aini
Salah satu area pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur, Selasa (1/12) petang.
Foto: febrian A
Salah satu area pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur, Selasa (1/12) petang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lahan pemakaman untuk jenazah Covid-19 yang beragama Islam di Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rangon, Jakarta Timur, sudah penuh sejak 8 November lalu. Kini, hanya tersisa puluhan petak makam untuk jenazah Covid-19 umat nasrani.

Merespons hal itu, Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Muhaimin, mengaku kini sedang berupaya mencari area baru yang memugkinkan untuk lahan pemakaman jenazah Covid-19 di Pondok Rangon. "Kami masih berusaha mencari lokasi-lokasi yang masih memungkinkan," ungkap Muhaimin di Jakarta, Selasa (1/12).

Baca Juga

Ia menambahkan, area baru yang dicari adalah area yang aman dari longsor. Sehingga, masih memungkinkan untuk menggali liang lahat di sana. "Kami akan menginventarisir lokasi-lokasi yang sekiranya tidak akan longsor," katanya.

Selain mencari area baru, kata dia, pihaknya juga menerapkan sistem tumpang untuk jenazah Covid-19 Muslim di Pondok Rangon. Penerapannya telah dimulai sejak 8 November lalu.

Sistem tumpang adalah menempatkan jenazah Covid-19 di makam bukan Covid-19 yang sudah ada sebelumnya. Jenazah yang sudah ada sebelumnya akan ditimpa dengan jenazah Covid-19.

Sistem tumpang, kata Muhaimin, harus memenuhi dua syarat. Pertama, jenazah Covid-19 itu mendapatkan izin untuk menggunakan tanah makam. Kedua, mendapat persetujuan dari seluruh pihak keluarga dari makam yang akan ditumpangi.

"Tujuannya seperti itu agar tak ada kendala di kemudian hari. Prosesnya itu dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Dinas Pertamanan dan Hutan DKI Jakarta," kata Muhaimin.

Lahan pemakaman untuk jenazah Covid-19 yang beragama Islam di Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rangon, Jakarta Timur, sudah penuh sejak 8 November lalu. Sedangkan lahan untuk jenazah Covid-19 Kristen hanya tersisa 80 hingga 100 petak.

Sementara itu, kasus positif Covid-19 di Ibu Kota masih terus melonjak. Berdasarkan data Pemerintah Provinsi DKI Jakarta per 30 November, terdapat penambahan 1.099 kasus baru Covid-19 dengan angka kematian telah mencapai 2.671 orang.

Sedangkan per 1 Desember, jumlah kasus positif kembali bertambah 1.058 kasus. Adapun angka kematian naik menjadi 2.689. Artinya, dalam sehari kemarin terdapat 18 orang yang meninggal karena Covid-19.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement