Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Polri Bubarkan Massa Pendukung HRS yang Datangi Rumah Mahfud

Rabu 02 Dec 2020 00:59 WIB

Red: Andri Saubani

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD

Foto: Kemenpolhukam
Rumah Mahfud MD di Pamekasan didatangi massa pada Selasa (1/12).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Polri telah membubarkan massa yang mendatangi kediaman ibunda Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Selasa (1/12). Kabid Humas Polda Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko, Selasa, mengatakan bahwa pembubaran berlangsung kondusif.

Trunoyudo berujar bahwa kedatangan massa ke rumah tersebut tidak lama. Setelah Kapolres Pamekasan mengimbau massa untuk kembali ke rumah masing-masing, mereka pun membubarkan diri.

"Kapolres langsung turun membubarkan secara preemtif atau diimbau dan hanya berlangsung 5 menit, (massa) sudah kembali naik kendaraan masing-masing," kata Trunoyudo.

Menurut Trunoyudo, kedatangan massa ke rumah tersebut merupakan aksi spontan yang dilakukan massa usai mereka menyampaikan pendapat di Polres.

"Penyampaian pendapat di Polres terkait dengan pemanggilan pemeriksaan HRS (Rizieq Shihab) di Polda Metro Jaya," katanya.

Ia mengimbau masyarakat Jawa Timur agar tidak mudah terprovokasi demi terjaganya situasi kondusif di Jawa Timur.

"Untuk menjaga iklim kondusif wilayah Jatim, masyarakat kami imbau untuk tidak terprovokasi apa pun. Ayo jogo (jaga) Jawa Timur," pesannya.

Sebelumnya beredar video berdurasi 28 detik di aplikasi perpesanan yang memperlihatkan massa yang didominasi para pria berbaju muslim mendatangi sebuah rumah. Di video itu terdengar seorang narator menjelaskan bahwa video diambil di depan rumah Mahfud MD di Pamekasan, Madura.

"Rumah Mahfud MD yang di Madura, Pamekasan, digerebek massa," kata narator dalam video itu.

Mahfud MD, menyatakan, kediamannya yang ada di Kelurahan Bugih, Pamekasan, Jawa Timur, dalam keadaan aman. Diketahui sebelumnya beredar video yang menampilkan massa berkumpul di kediamannya tersebut.

"Oh iya itu (ada massa yang mendatangi rumah)," ujar Mahfud saat dihubungi lewat sambungan telepon oleh wartawan, Selasa (1/12).

Menurut Mahfud, terait hal tersebut sudah ada pihak yang mengurusnya. Diketahui, kini rumah di Pamekasan yang didatangi massa tersebut ditempati oleh ibu kandung Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu. Rumah itu juga sudah dijaga secara ketat.

“Sudah ada yang urus. Ibu aman,” jelas dia.

Siang ini beredar video kediaman Mahfud yang didatangi massa. Hingga saat ini belum diketahui pasti alasan massa mendatangi rumah Mahfud tersebut. Dalam video tersebut terdapat suara laki-laki yang mengatakan rumah itu merupakan rumah Mahfud yang ada di Pamekasan.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB