Selasa 01 Dec 2020 20:39 WIB

Haji tak Dapat Ditunaikan Cara Biasa Hingga Vaksin Tersedia

Arab Saudi hanya akan mengizinkan haji berlangsung di bawah protokol keamanan.

Haji tak Dapat Ditunaikan Cara Biasa Hingga Vaksin Tersedia (ilustrasi).
Foto: Reuters
Haji tak Dapat Ditunaikan Cara Biasa Hingga Vaksin Tersedia (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,ISLAMABAD -- Menteri Agama Pakistan Noorul Haq Qadri pada hari Selasa mengatakan umat Islam tidak akan dapat menunaikan ibadah haji dengan cara biasa kecuali vaksin virus corona tersedia secara luas.

Berbicara selama acara pagi di Geo News, Senin (1/12), menteri mengatakan bahwa pemerintah Arab Saudi telah menjelaskan dengan sangat jelas bahwa mereka hanya akan mengizinkan haji berlangsung di bawah protokol keamanan virus korona Kerajaan. Qadri mengatakan bahwa masalah subsidi jemaah haji belum dibahas. 

Tahun ini, jumlah jemaah haji berkurang drastis dari 2,5 juta tahun lalu menjadi 10.000 sejalan dengan langkah-langkah keamanan Covid-19 Arab Saudi. Peziarah yang bepergian dari kota-kota lain Kerajaan ke Mekah juga diharuskan menjalani masa karantina wajib sebelum haji. Sekitar 70% jamaah adalah orang asing yang tinggal di kerajaan, sedangkan sisanya adalah warga negara Saudi.

Jutaan Muslim dari seluruh dunia biasanya melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk umroh dan haji. Keduanya memiliki ritus yang sama tetapi haji, yang diadakan setahun sekali, adalah ritual yang lebih panjang yang merupakan kewajiban sekali seumur hidup bagi umat Islam.

Arab Saudi, yang menggelar sebagian besar haji simbolis awal tahun ini terbatas pada jamaah domestik, mulai mengizinkan warga dan penduduk untuk melakukan umroh bulan lalu dengan kapasitas 30 persen, atau 6.000 jamaah sehari.

Tahun lalu negara Teluk itu menarik 19 juta pengunjung umroh. Sebelum pandemi, lebih dari 1.300 hotel dan ratusan toko berdesakan sepanjang waktu untuk melayani para peziarah yang mengunjungi kota suci Makkah dan Madinah. Sebagian besar telah kosong dalam beberapa bulan terakhir.

Para jamaah tidak lagi diperbolehkan menyentuh Ka'bah - sebuah bangunan batu yang dibungkus kain hitam bersulam emas dengan ayat-ayat dari Alquran. Ka'bah adalah bangunan paling suci dalam Islam dan arah yang dihadapi umat Islam untuk berdoa; Menyentuhnya dianggap suatu kehormatan besar yang dihargai para peziarah di masa lalu.

Ziarah adalah tulang punggung dari rencana untuk memperluas pariwisata di bawah dorongan Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk mendiversifikasi ekonomi pengekspor minyak utama dunia. Ini bertujuan untuk meningkatkan pengunjung umroh menjadi 15 juta pada tahun 2020, rencana yang terganggu oleh pandemi virus corona, dan menjadi 30 juta pada tahun 2030.

Ziarah religius menghasilkan pendapatan $ 12 miliar dari penginapan, transportasi, hadiah, makanan, dan biaya jamaah, menurut data resmi. Arab Saudi menjadi tuan rumah haji yang berkurang drastis pada akhir Juli untuk pertama kalinya dalam sejarah modern, dengan beberapa ribu jemaah haji domestik dari sekitar tiga juta Muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement