Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Nagari Manggopoh Adakan MTQ Virtual

Rabu 02 Dec 2020 01:05 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani

Suasana lomba MTQ (ilustrasi).

Suasana lomba MTQ (ilustrasi).

Foto: Republika/Agung Supri/c
Nagari Manggopoh pun memutuskan untuk mengadakan MTQ secara virtual.

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUK BASUNG- Nagari Manggopoh, di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam membuat inovasi melaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang aman dari penularan Covid-19. Nagari Manggopoh pun memutuskan untuk mengadakan MTQ secara virtual.

Ketua Panitia Pelaksana MTQ Nagari Manggopoh, Defi Indra mengatakan format MTQ virtual ini, dilaksanakan dari jarak jauh atau tidak terpusat. Para kafilah berlomba cukup melakukannya dari masing-masing jorong (setingkat dusun).

"Terkait proses dan tata cara penilaiannya, masing- masing kafilah/qori utusan jorong mengirim hasil rekaman dan karya terbaiknya ke panitia pelaksana, sehingga nantinya tim juri yang menilai hasil rekaman tersebut," kata Indra, Selasa (1/12).

Pada MTQ tahun ini, panitia pelaksana di Nagari Manggopoh menggelar 7 cabang perlombaan. Di antaranya cabang tilawah, tartil, yasin, adzan, kutbah, kaligrafi dan hafiz. Dengan peserta sebanyak 162 orang yang tersebar di 9 jorong se-Nagari Manggopoh. Dari 7 cabang yang dilombakan, hanya cabang hafiz Quran yang dilaksanakan secara tatap muka yakni di Masjid Pahlawan Manggopoh.

Untuk menentukan juara 1,2, dan 3, akan ditentukan berdasarkan penilaian tim juri. Pelaksanaan perekaman karya atau penampilan masing-masing sudah dimulai sejak minggiu lalu. Kemudian sejak Senin (30/11) sampai Rabu (2/12) akan berlangsung proses penilaian ke 7 cabang yang dilombakan.

Acara pembukaan MTQ Manggopoh 2020 ini sudah dibuka Selasa (1/12) di kantor Wali Nagari. Pada pembukaan tersebut, dihadiri camat, anggota DPRD Agam, unsur Forkopimca, Wali Nagari Manggopoh, Ketua MUI nagari, unsur Bundo Kanduang, KUA, PKK kecamatan dan nagari, lembaga nagari lainnya serta tokoh masyarakat dan lainnya.

Nantinya bagi kafilah yang banyak meraih medali, akan mendapatkan trofi, uang tabanas dan piala bergilir Wali Nagari Manggopoh yang akan diberikan pada penutupan acara nanti, pada 7 Desember 2020.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA