Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Dorong Pelaku UMKM, BRI Gelar Expo Brilianpreneur 2020

Selasa 01 Dec 2020 16:06 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda

Direktur Umum PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso mengatakan UMKM Expo Brilianpreneur sebagai wujud upaya nyata perseroan mendorong kebangkitan UMKM melalui gerakan nasional #BANGGABUATANINDONESIA.

Direktur Umum PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso mengatakan UMKM Expo Brilianpreneur sebagai wujud upaya nyata perseroan mendorong kebangkitan UMKM melalui gerakan nasional #BANGGABUATANINDONESIA.

Foto: Republika/Thoudy Badai
BRI berupaya mendorong peran UMKM di Indonesia sebagai penggerak ekonomi nasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) berupaya mendorong peran UMKM di Indonesia sebagai kekuatan penggerak ekonomi nasional. Salah satu yang dilakukan perseroan melalui pameran industri kreatif UMKM Expo Brilianpreneur 2020.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian ulang tahun BRI ke-125 dan sebagai wujud upaya nyata perseroan mendorong kebangkitan UMKM melalui gerakan nasional #BANGGABUATANINDONESIA.

“Sebagai bank yang memiliki fokus untuk pengembangan sektor UMKM, saat ini BRI telah membina pelaku UMKM Indonesia untuk mengikuti program naik kelas. Kita tahu produk kreasi UMKM Indonesia tidak hanya bernilai kreativitas dan ekonomi tetapi juga memiliki keunggulan kualitas yang dapat menembus pasar global,” ujarnya saat konferensi pers virtual, Selasa (1/12).

Sunarso menjelaskan program UMKM Expo Brilianpreneur 2020 merupakan salah satu strategi perseroan untuk memberdayakan UMKM naik kelas dan mempersiapkan pelaku usaha untuk memasuki pasar global dan membantu mengekspor produk.

Rangkaian kegiatan Brilianpreneur 2020 dimulai sejak 1-15 Desember 2020, puncak kegiatan berlangsung pada 10-13 Desember 2020. UMKM Expo Brilianpreneur 2020 memamerkan lebih dari 400 UMKM yang berorientasi ekspor, terdiri dari kategori fashion, home decor & craft, accessories & beauty dan food & beverage.

UMKM Expo Brilianpreneur 2020 memiliki konsep pameran hybrid antara lain terselenggara dalam bentuk UMKM Virtual Exhibition dan UMKM Showcase melalui berbagai instalasi seni yang memikat. UMKM Expo Brilianpreneur 2020 bertujuan untuk memberikan wadah dan menampilkan hasil karya produk terbaik UMKM Indonesia serta mendorong peningkatan daya saing UMKM agar dapat menembus pasar internasional.

“Program ini juga merupakan bentuk komitmen BRI dan menjadi salah satu langkah strategi untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM untuk perluasan pasar ekspor,” ucapnya.

Menurutnya di tengah krisis akibat pandemi, perseroan berupaya membantu UMKM agar tetap terhubung dengan pasar dan memperluas jangkauan penjualan produk. Adapun langkah ini untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional yang difokuskan ekosistem Digital.

“Untuk menjangkau buyer internasional UMKM Expo Brilianpreneur 2020 dilengkapi dengan platform 3D Virtual Expo yang akan menampilkan produk UMKM dalam kemasan digital. Perseroan telah melakukan promosi ke calon pembeli di luar negeri baik di USA, Kanada, Amerika Latin, Eropa, Asia, dan Timur Tengah,” ucapnya.

Ke depan perseroan juga berupaya mengoptimalkan potensi ekspor produk UMKM dan peningkatan kapasitas baik produksi maupun kualitas pelaku UMKM. “Dengan memanfaatkan momentum ini diharapkan UMKM Indonesia dapat bangkit melalui transformasi digital masa pandemi dan produk Indonesia mampu menembus pasar global, sehingga UMKM dapat meningkatkan transaksi ekspor Indonesia dan mendongkrak perekonomian nasional,” ucapnya.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA