Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Meluruskan Makna Jihad

Selasa 01 Dec 2020 16:45 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Meluruskan Makna Jihad. ilustrasi jihad

Meluruskan Makna Jihad. ilustrasi jihad

Foto: tangkapan layar Rabithah Alawiyah
Banyak yang salah paham terhadap makna jihad sebenarnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jihad merupakan salah satu istilah yang kerap diperbincangan di Indonesia. Apalagi, akhir-akhir ini ada sekelompok orang yang sampai mengubah redaksi adzan menjadi ajakan berjihad. Hal itu terjadi karena masih banyak yang salah paham terhadap makna jihad yang sebenarnya.

Karena itu, dalam buku yang berjudul Damai Bersama Alqur’an, Muchlis M, Hanafi bersama peneliti lainnya mecoba meluruskan makna jihad yang sebenarnya. Menurut Muchlis, jihad memang merupakan salah salah satu istilah yang sering salah dipahami artinya.

Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Kemenag ini menjelaskan, sebagian orang memahami arti jihad dengan pemahaman yang sempit. Jika disebut kata “jihad”, yang terbayang dalam benak mereka adalah peperangan, senjata, darah, dan kematian.

Baca Juga

Bagi mereka, kewajiban berjihad dimaknai sebagai kewajiban memerangi orang-orang kafir dan orang-orang munafik sampai mereka masuk Islam. Padahal, menurut Muchlis, perang hanyalah salah satu bentuk jihad yang dilakukan dalam kondisi tertentu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA