Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Pelatih Villa Nilai VAR Rugikan Timnya Saat Dijegal West Ham

Selasa 01 Dec 2020 13:12 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Pelatih Aston Villa, Dean Smith.

Pelatih Aston Villa, Dean Smith.

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Dean Smith menilai Villa layak mendapatkan gol atau hadiah penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Aston Villa Dean Smith menilai keputusan wasit yang diambil setelah melihat VAR dianggap salah dan merugikan timnya. Smith merasa Villa seharusnya mendapatkan penalti pada menit tambahan dalam kekalahan 1-2 di kandang West Ham dalam laga pekan kesepuluh Liga Primer Inggris, Selasa (1/12) WIB. Sebab, VAR terlalu sibuk melihat posisi offside Ollie Watkins.

Watkins dinilai offside saat menyambut umpan silang dari Matt Targett. Padahal posisi tangannya yang melewati garis, sementara tangan tak bisa digunakan mencetak gol. Namun sebelum itu, tampaknya bek the Hammers Angelo Ogbonna telah mendorong Watkins sehingga menjadi offside. Menurut Smith, ini pelanggaran dan seharusnya menghasilkan penalti bagi Villa.

Itu menjadi akhir sulit dan malam yang traumatis bagi Watkins. Sebelumnya, eksekusi penaltinya pada menit ke-74 setelah Declan Rice menarik Trezeguet di kotak penalti, gagal berbuah gol.

Baca Juga

"Itu tidak membuat frustrasi, tapi salah. Itu cara termudah untuk menggambarkannya. Offside adalah offside, jadi saya tidak masalah dengan itu, tetapi mereka memberikan offside untuk bagian tubuh yang tidak bisa memasukkan bola ke gawang, dan itu karena dia dilanggar," kata Smith, dikutip dari RTE.

Menurut Smith, jika keputusannya bukan gol, seharusnya Villa dapat penalti. Ia merasa wasit Peter Bankes dan petugas VAR melakukan kesalahan karena menghabiskan begitu lama untuk mengamati offside, sehingga luput melihat pelanggaran. Baginya, pelanggaran terhadap Watkins lebih pantas diganjar penalti dibanding penalti yang sebelumnya didapatkan timnya.

"Ini membuat frustrasi, saya kecewa dengan hasilnya tetapi saya pikir kami hebat, kami datang ke West Ham dan mengungguli mereka. Kami memiliki cukup peluang untuk memenangkan pertandingan ini dengan nyaman," kata dia.

Hasil ini menempatkan Villa di posisi 10 dengan nilai 15, tepat berada di atas Manchester City. Sementara kemenangan 2-1 mengangkat West Ham ke posisi kelima. Pelatih David Moyes mengantar West Ham ke awal terbaik mereka untuk satu musim sejak mereka pindah ke Stadion London."Saya sangat senang dapat meraih tiga poin. Itu bukan kinerja terbaik kami, tetapi setidaknya kami tangguh," ujar Moyes.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA