Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sebelum Dinyatakan Positif Covid, Anies Rutin Bertemu Ariza

Selasa 01 Dec 2020 11:59 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Andi Nur Aminah

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Foto: @aniesbaswedan
Anies menyebut, saat ini kondisinya dalam keadaan baik dan tanpa gejala Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku telah melakukan tes usap (//swab test) Covid-19 secara rutin. Apalagi usai Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) juga dinyatakan positif Covid-19 pada Ahad (29/11).

Anies pun langsung menjalani tes usap antigen dan hasilnya negatif. Kemudian, ia kembali menjalani tes usap PCR di Balai Kota DKI Jakarta Senin (30/11) siang. Hasil tes itu keluar pada Selasa (1/12) dini hari dan Anies dinyatakan positif Covid-19. Beberapa hari sebelumnya, Anies diketahui intens bertemu dengan Ariza untuk rapat berdua.

Baca Juga

Meski positif terpapar virus corona, Anies menyebut, saat ini kondisinya dalam keadaan baik dan tanpa gejala. “Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis,” kata Anies dalam keterangan tertulis resminya, Selasa.

Selanjutnya, Anies menambahkan, dirinya akan menjalani isolasi mandiri. Ia mengungkapkan, isolasi itu dilakukan di tempat terpisah dari keluarganya.

"Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi," ujarnya.

Dia pun meminta kepada seluruh pihak yang pernah bertemu dengannya dalam beberapa waktu terakhir agar melakukan langkah-langkah yang diperlukan, seperti isolasi mandiri atau tes usap PCR. "Bagi siapapun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari terakhir, bisa kontak ke puskesmas terdekat untuk menjalani swab test," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria terkonfirmasi positif Covid-19. Berdasarkan hasil pelacakan kontak (tracing) yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ariza diketahui tertular dari staf pribadinya.

“Jadi, temuan positif Covid-19 ini adalah dari lingkungan pekerjaan, di mana ada staf saya tertular dari klaster keluarganya,” kata Ariza dalam keterangan tertulis resminya, Ahad (29/11).

Adapun Ariza diketahui telah menjalani dua kali tes usap atau PCR. Pada tes pertama, yakni Kamis (26/11), hasilnya negatif, lalu dilanjutkan tes yang sama pada Jumat (27/11) dengan hasil terkonfirmasi positif Covid-19.

Meski demikian, Ariza mengaku dalam kondisi yang baik dan tengah menjalani isolasi mandiri. “Alhamdulillah, meskipun hasil testing pada Jumat (27/11) kemarin menunjukan positif Covid-19, namun kondisi saya tetap dalam keadaan baik dan terkendali. Baik staf dan seluruh anggota keluarga saya juga sudah menjalani tes usap,” ungkap dia.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA