Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Dinkes: Riau akan Mendapat Jatah 4 Juta Vaksin Covid-19

Senin 30 Nov 2020 23:38 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Vaksin Covid-19 eksperimental (ilustrasi). Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyatakan wilayahnya akan mendapat jatah vaksin COVID-19 untuk sebanyak 4 juta orang.

Vaksin Covid-19 eksperimental (ilustrasi). Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyatakan wilayahnya akan mendapat jatah vaksin COVID-19 untuk sebanyak 4 juta orang.

Foto: EPA
Dinkes Riau menyebut warga yang mendapat vaksin antara usia 19 hingga 59 tahun

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyatakan wilayahnya akan mendapat jatah vaksin COVID-19 untuk sebanyak 4 juta orang.

"Kuota vaksin COVID-19 di provinsi ini sekitar 4 juta, disesuaikan dengan jumlah penduduk dan kriteria yang ditentukan," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Senin.

Dikatakan Mimi Yuliani Nazir, kriteria penerima vaksin tersebut ditentukan berdasarkan usia, profesi dan klasifikasi. Berdasarkan umur, orang yang mendapatkan vaksin yakni yang berusia 18-59 tahun.

Sedangkan kriteria berdasarkan profesi yakni tenaga kesehatan, tenaga pendidik, pelayanan publik, tokoh agama, ulama dan tenaga kerja lainnya.

"Selain itu, vaksin ini juga diprioritaskan untuk orang yang belum pernah terkonfirmasi COVID-19. Karena orang yang sudah pernah positif dan sembuh sudah terbentuk antibodi di dalam tubuhnya," ungkapnya.

Selanjutnya, kata dia, untuk teknis pendistribusian hingga penyuntikan akan berkoordinasi dengan ke dinas kesehatan yang ada di kabupaten/kota.

"Kemudian prosesnya ketika vaksin datang dari pusat, akan didistribusikan ke kabupaten/kota, kemudian pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas," tukasnya.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau sendiri belum memastikan jadwal kedatangan vaksin tersebut namun diperkirakan akhir ini akan tiba untuk didistribusikan kepada masyarakat melalui Puskesmas secara gratis.

Meskipun nantinya akan datang vaksin COVID-19 ke Riau, Mimi tetap mengharuskan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari virus berbahaya tersebut.

"Tetap disiplin, jangan abai. Menjaga diri sendiri juga berarti menjaga orang lain dari terpapar COVID-19," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA