Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Kisah Emosional di Balik Selebrasi Messi untuk Maradona

Senin 30 Nov 2020 20:52 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Lionel Messi melakukan penghormatan pribadi untuk Diego Maradona usai mencetak gol ke gawang Osasuna di Stadion Camp Nou.

Lionel Messi melakukan penghormatan pribadi untuk Diego Maradona usai mencetak gol ke gawang Osasuna di Stadion Camp Nou.

Foto: EPA/ Andreu Dalmau
Messi memperlihatkan kepada dunia ia mengenakan kaus Newell's Old Boys milik Maradona

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Dari sekian banyak penghormatan terakhir untuk Diego Armando Maradona, selebrasi Lionel Messi boleh jadi yang paling berkelas. Usai mencetak gol untuk Barcelona, kapten Argentina ini melepas kostumnya. Messi memperlihatkan dirinya mengenakan jersey Newell's Old Boys milik Maradona di dalam kostum Barcelonanya kepada dunia.

Maradona telah meninggalkan lapangan hijau untuk selama-lamanya. Pemenang Piala Dunia 1986 bersama timnas Argentina tutup usia akibat serangan jantung pada umur 60 tahun di Buenos Aires, Rabu (25/11).

Kepergian Maradona membuat dunia sepak bola berduka. Tak ayal, penghormatan terakhir untuk pemilik nomor punggung 10 itu kerap dilakukan dalam pertandingan bergengsi di seluruh dunia. Rata-rata, dengan mengheningkan cipta atau bertepuk tangan pada menit kesepuluh, merujuk nomor punggung Maradona.

Baca Juga

Dari sekian banyak, salah satu paling menyita perhatian adalah selebrasi Messi usai mencetak gol keempat untuk timnya saat mengalahkan Osasuna 4-0 akhir pekan kemarin. Selain berasal dari negara yang sama, Messi boleh jadi sebagai sosok yang paling menggambarkan kesamaan dengan Maradona pada era saat ini. Keduanya sama-sama sempat berkostum Barcelona dan Newell's Old Boys.

Maradona membuat beberapa penampilan untuk klub asal Rosario selama musim 1993/1994, sementara Messi memulai kariernya di sana sebelum merapat ke La Masia, Barcelona, pada usia 13 tahun.

Tak hanya atribut emosional, Messi juga mencetak gol yang terbilang mirip dengan apa yang dilakukan Maradona. Gerakan itu sangat menyentuh dan seperti yang dilaporkan dari Daniel Arcucci dan The Web Graphic, dikutip Mundo Deportivo, Senin (30/11), selebrasi itu adalah salah satu cerita yang menarik.

Yang membuat selebrasi itu makin berkesan, jersey Newell's Old Boys yang dipakai Messi benar-benar digunakan Maradona selama ia bersama Newell's. Kostum itu diberikan kepada Messi oleh kolektor jersey asal Argentina bernama Sergio Fernandez.

Fernandez mencoba memberikan kaus itu kepada Messi dalam tiga kesempatan terpisah. Ia baru berhasil dalam kesempatan ketiga pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Pada akhirnya hadiah itu menjadi amat berharga dua tahun setelahnya.

Kisah kedua semakin mempererat keduanya. Pada hari Maradona membuat debutnya untuk Newell's dalam pertandingan persahabatan dengan Emelec, Messi berusia enam tahun dan hadir bersama ayahnya Jorge. Hari itu, Maradona mencetak gol yang sangat mirip dengan yang dicetak Messi saat melawan Osasuna.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA