Wednesday, 7 Zulhijjah 1443 / 06 July 2022

Wapres Minta Pengelolaan ZIS Optimalkan Teknologi

Senin 30 Nov 2020 19:41 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Fuji Pratiwi

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Wapres berharap rapat tahunan Forum Zakat Dunia 2020 terus mendorong pengoptimalan teknologi digital.

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Wapres berharap rapat tahunan Forum Zakat Dunia 2020 terus mendorong pengoptimalan teknologi digital.

Foto: dok. KIP/Setwapres
Optimalisasi teknologi tak cuma dalam pengumpulan, tapi juga pengelolaan ZIS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin berharap rapat tahunan Forum Zakat Dunia 2020 terus mendorong pengoptimalan teknologi digital. Teknologi digital tak hanya untuk pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) tetapi juga dalam proses pengelolaan maupun pemanfaatannya.

"Forum ini juga perlu terus mendorong pemanfaatan teknologi digital, bukan hanya dari sisi pengumpulan tapi juga dari sisi pengelolaan dan pelaporan pemanfaatannya," ujar Kiai Ma'ruf saat Konferensi Internasional dan Rapat Tahunan Forum Zakat Dunia Tahun 2020 secara virtual, Senin (30/11).

Baca Juga

Kiai Ma'ruf memandang Forum Zakat Dunia juga dapat mendorong dan memfasilitasi proses penguatan dan perbaikan tata kelola pengelolaan zakat dunia mulai dari pengumpulan, pengelolaan, penyaluran sampai pada pelaporan. Hal ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap lembaga pengelola zakat.

"Ini pada gilirannya akan semakin mendorong masyarakat untuk menyalurkan zakat, infak dan shadaqah-nya melalui lembaga pengelola zakat," ungkap Kiai Ma'ruf.

 

Ia juga berharap forum zakat yang dihadiri beberapa negara ini dapat mendorong pertukaran pengalaman dan pengetahuan antar negara tentang pengelolaan zakat. Ia berharap, praktik-praktik yang baik dalam pengelolaan zakat bisa tersebar luas.

 

"Kita harapkan dapat disebarluaskan sebagai sarana belajar bagi kita semua untuk terus memperbaiki upaya pengelolaan zakat," kata dia.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA