Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

BNI Jadi Pengembang API Portal Terbaik

Senin 30 Nov 2020 14:54 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi

Bank BNI (ilustrasi). BNI API Digital Services menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang berhasil menjadi nominasi dalam ajang DevPortal Awards 2020.

Bank BNI (ilustrasi). BNI API Digital Services menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang berhasil menjadi nominasi dalam ajang DevPortal Awards 2020.

Foto: BNI
BNI API Digital Services telah bekerja sama dengan lebih dari 3.000 mitra.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam mendukung strategi bisnis PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk Go Global dan Go Digital, tim BNI Application Programming Interface (API) Digital Services ikut serta dalam ajang DevPortal Awards 2020. BNI API Digital Services menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang berhasil masuk sebagai nominasi di ajang tersebut.

Direktur TI dan Operasi BNI YB Hariantono mengatakan, sebagai pionir sektor perbankan dalam menerapkan open API di Indonesia, BNI memiliki jumlah layanan API yang lengkap dan kerja sama dengan pihak ketiga terbesar di Indonesia. 

"Fitur ini menjangkau seluruh segmen industri bisnis digital baik korporasi, maupun UMKM digital," ujar Hariantono dalam keterangan resmi, Senin (30/11).

Baca Juga

Adapun implementasinya di dunia perbankan, API dapat memperkuat layanan kerja sama antar entitas bisnis (B2B) dengan mitra, e-commerce, startup, fintech atau perusahaan pihak ketiga lainnya. 

Pada 2018, BNI membangun BNI API Digital Services  (https://digitalservices.bni.co.id/), yaitu API portal yang dapat memberikan kemudahan bagi developer pihak ketiga agar dapat terus mengembangkan aplikasinya dalam layanan perbankan. Antara lain transaksi, informasi akun, saldo, payment, hingga remitansi.

Tercatat saat ini BNI API Digital Services sudah memiliki lebih dari 200 API yang dapat digunakan. Layanan ini juga telah bekerja sama dengan lebih dari 3.000 mitra atau pihak ketiga seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, Lazada, serta beberapa pelaku industri bisnis digital lainnya. 

"Dengan memiliki lebih dari 95 juta akun yang terdaftar, ekosistem perbankan BNI telah tercipta dan dikelola dengan baik," kata Hariantono.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA