Senin 30 Nov 2020 08:53 WIB

Usai Cukur Roma 4-0, Gattuso Tuntut Napoli Konsisten

Tambahan tiga angka di laga ini membawa Napoli merangsek ke peringkat keempat.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Napoli membantai Roma 4-0 dalam pertandingan lanjutan LIga Serie A di Stadion San Paolo, Senin (30/11)
Foto: EPA/Ciro Fusco
Napoli membantai Roma 4-0 dalam pertandingan lanjutan LIga Serie A di Stadion San Paolo, Senin (30/11)

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Pelatih Napoli, Gennaro Gattusso, akhirnya memiliki acuan terkait performa yang ditunjukan anak-anak asuhnya di setiap laga. Pelatih asal Italia itu berharap, I Partenopei bisa terus mengulang dan mempertahankan peforma apik saat mencukur AS Roma, 4-0, pada giornata kesembilan Serie A, Senin (30/11).

Menurut Gattusso, di laga itu, Lorenzo Insigne dan kawan-kawan tampil begitu sempurna, baik dari segi mentalitas, penerapan taktik permainan, hingga intensitas permainan. Kini, I Partenopei diharapkan bisa mempertahankan semua aspek yang ditunjukan dalam laga yang digelar di Stadion San Paolo tersebut.

''Kami harus bermain dengan intensitas seperti ini di laga-laga berikutnya. Pun dengan antusiasme di ruang ganti dan di atas lapangan. Namu , kami tidak boleh mengganggap remeh lawan. Apa yang paling saya suka dari penampilan kami di laga ini adalah para sikap dari para pemain. Saat ada rekan setimnya melakukan kesalahan, mereka saling membantu,'' tutur Gattuso pasca laga seperti dilansir Football Italia, Senin (30/11).

Di laga ini, Napoli memang memiliki motivasi tambahan. I Partenopei bertekad memetik kemenangan sebagai bentuk penghormatan kepada legenda klub, Diego Armando Maradona, yang tutup usia pada pertengahan pekan lalu. Napoli pun memulainya dengan begitu apik.

Eksekusi tendangan bebas Insigne pada menit ke-31 berujung pada gol pembuka Napoli. Kemudian, Fabian Ruiz menambah keunggulan tuan rumah pada menit ke-64 lewat tendangan terarah dari luar kotak penalti. Akhirnya, pada 10 menit akhir laga, gol Driers Mertens dan Matteo Politano menggenapi kemenangan Napoli, sekaligus menyudahi perlawanan tamunya tersebut.

Tambahan tiga angka di laga ini membawa Napoli merangsek ke peringkat keempat klasemen sementara Serie A. Klub asal Italia Selatan itu hanya terpaut satu poin dari Sassuolo dan Inter Milan, yang berada di peringkat kedua dan ketiga secara berurutan.  

Namun, lantaran tidak datang saat laga kontra Juventus, Napoli akan mendapatkan pengurangan satu poin. Gattusso pun berharap, semua upaya banding Napoli atas sanksi tersebut segera menemui titik terang dan sanksi tersebut dicabut oleh Lega Serie A.

Tidak hanya itu, terlepas dari penampilan apik AC Milan pada awal musim ini, yang mampu memuncaki klasemen sementara, Gattusso justru menyebut ancaman terbesar buat timnya dalam perebutan puncak klasemen justru datang dari Inter Milan.  

''Menurut saya, Inter menjadi tim yang harus bisa kami kalahkan. Mereka memadukan kekuatan fisik dan teknik permainan dengan begitu apik. Mereka juga memiliki begitu banyak opsi pemain. Jelas, mereka menjadi favorit (juara Serie A musim ini), bersama Juventus, yang sudah terbiasa terlibat langsung dalam perburuan Scudetto,'' kata Gattusso.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement