Saturday, 22 Rajab 1442 / 06 March 2021

Saturday, 22 Rajab 1442 / 06 March 2021

Barcelona Kalahkan Osasuna 4-0, Naik ke Posisi 7 Klasemen

Ahad 29 Nov 2020 21:54 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Penyerang Barcelona Lionel Messi (kiri) dijaga dua pemain Osasuna.

Penyerang Barcelona Lionel Messi (kiri) dijaga dua pemain Osasuna.

Foto: EPA-EFE/Andreu Dalmau
Lionel Messi mencetak gol dan mempersembahkannya untuk Diego Maradona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona meraih kemenangan penting saat menjamu Osasuna pada laga pekan ke-11 La Liga Spanyol di Camp Nou, Ahad (29/11). Barcelona menang telak 4-0 untuk naik tujuh peringkat ke posisi tujuh menggeser Granada. Ini kemenangan keempat Lionel Messi dkk musim ini di la Liga. Sementara Osasuna tertahan di posisi 15 dengan nilai 11.

Barcelona membutuhkan kemenangan untuk memperbaiki performa mereka yang hanya menang satu kali dari enam laga terakhirnya di La Liga yang hanya menang sekali dan dua kali imbang. Sisanya berakhir dengan kekalahan.

Peluang pertama didapatkan oleh penyerang Martin Braithwaite saat menyambut umpan terobosan Jordi Alba, tetapi Nacho Vidal berhasil memblok tembakan sang penyerang. 

Baca Juga

Pada menit ke-11, peluang emas dimiliki Antoine Griezmann yang berhasil melewati Herrera dan menyodorkan bola kepada Coutinho yang berdiri bebas di kotak penalti. Namun, Garcia berhasil membuang bola yang hampir melewati garis gawang. Griezmann kembali mendapatkan kesempatan, tetapi lagi-lagi gagal menggetarkan jala gawang Sergio Herrera. Pada menit ke-19 sepakan kencang Coutinho dari posisi favoritnya berhasil dimentahkan Herrera.

Barcelona akhirnya membuka skor di menit ke-29 melalui gol Braithwaite. Tembakan kaki kiri dari jarak yang sangat dekat dilepaskan setelah bagian tengah gawang setelah menyambut bola rebound penyelamatan Herrera yang tak sempurna dari sepakan Coutinho. 

Beberapa peluang berhasil diciptakan oleh kedua tim. Namun belum ada gol tambahan. Hingga akhirnya pada menit ke-42 tuan rumah menambah keunggulan lewat Griezmann.

Berawal dari umpan silang dari pertahanan Osasuna, Moncaloya menyapunya dengan kepala. Bola mengarah keluar kotak penalti. Namun di sana Griezmann berdiri bebas dan siap menyambut bola. Penyerang timnas Prancis ini melepaskan tendangan voli keras nan akurat dari jarak 18 meter di luar kotak 16 yang mengarah ke sudut kiri atas Herrera. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum. 

Pada babak kedua, Osasuna yang tertinggal, berusaha bermain lebih agresif. Diawali dengan tembakan Garcia dari luar kotak 16. Namun, bola diselamatkan di bagian tengah gawang. Selanjutnya, giliran Roncaglia yang melesatkan tendangan pada menit ke-50, tapi bola yang mengarah ke sudut kiri bawah itu juga masih bisa dihentikan Ter Stegen. 

Barcelona tentu tidak tinggal diam. Peluang kembali diciptakan pada menit ke-51 saat Lionel Messi memberikan umpan ke depan gawang, tapi tandukan De Jong masih belum tepat sasaran. Messi juga melakukan percobaan langsung ke gawang tiga menit berselang, tapi masih belum menemui sasaran. 

Tim tuan rumah akhirnya bisa memperlebar keunggulan pada menit ke-57 melalui gol Coutinho saat menerima umpan matang dari Griezmann. Barcelona menjauh dengan skor 3-0.

Tim asuhan Ronald Koeman belum puas dengan skor tersebut. Tekanan demi tekanan terus dilancarkan, bahkan Dembele berhasil memasukkan bola ke gawang Osasuna di menit ke-70. Namun gol tersebut dianulir berdasarkan keputusan VAR. 

Tak butuh waktu lama, Messi akhirnya berhasil mencatatkan namanya di papan skor dengan tendangan kaki kiri dari luar kotak 16. Messi mendedikasikan gol ini untuk Diego Maradona.

Seusai mencetak gol, Messi melepas jersey Barcelona-nya untuk memperlihatkan kostum Newell's Old Boys bernomor punggung 10. Ia mencium kedua tangannya lantas menengadah ke langit mengenang Maradona yang meninggal dunia awal pekan ini. Newell's Old Boys merupakan tim yang dibela Maradona pada 1993/94 sekaligus tim masa kecil Messi sebelum menimba ilmu ke La Masia. Barcelona memimpin dengan skor 4-0 yang bertahan hingga laga usai.

 

Susunan pemain kedua tim

Barcelona (4-3-3):

Marc-Andre ter Stegen; Sergino Dest (Junior Firpo 61'), Clement Lenglet (Carles Alena 67'), O Mingueza, Jordi Alba; Pedri (Sergio Busquets 46'), Frenkie de Jong, Philippe Coutinho (Ousmane Dembele 61'), Lionel Messi, Martin Braithwaite (Trincao 61'), Antoine Griezmann

Pelatih: Ronald Koeman

Osasuna (4-4-2):

Sergio Herrera; Unai Garcia, Rui Navas, Facundo Rocncaglia, Inigo Perez (Roberto Torres 63'); Jony (Juan Cruz 23'), Jon Moncayola, Oier (Darko Brasanac 64'), Nacho Vidal; Ante Budimir (Enric Gallego 74'), Ruben Garcia (ike Barja 74')

Pelatih: Jagoba Arrasate

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA