Ahad 29 Nov 2020 21:54 WIB

Pakar UI Optimistis Inovasi Korlantas Tingkatkan Pelayanan

Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Online jadi salah satu andalan.

Seorang warga membayar pajak kendaraan bermotor dari rumah secara daring atau online.
Foto: Antara/Seno
Seorang warga membayar pajak kendaraan bermotor dari rumah secara daring atau online.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Akademisi bidang Psikologi Lalu Lintas Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Guritnaningsih P. Santoso optimistis langkah Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) yang terus melakukan berbagai inovasi dapat meningkatkan pelayanan publik.

"Korlantas sampai ke lini dibawahnya sudah membangun dan mengembangkan pendataan dengan sistem online. Dari daerah-daerah data di-input dan bisa dikompilasi secara langsung di tingkat pusat. Selain Inovasi Samsat Online , Korlantas memiliki apa yang disebut IRSMS (Integrated Road Safety Management System)," kata dia di Jakarta, Ahad (29/11).

Pakar lalu lintas ini juga mengatakan, pelayanan akan semakin mudah dengan tersedianya data terpadu berbasis online yang dimiliki oleh Korlantas. Hal ini pun, kata dia, dapat semakin memudahkan dalam mengambil setiap kebijakan yang tepat.

"Dengan pendataan yang lengkap dan cepat bisa di akses mereka membuat kebijakan berdasarkan data. Jadi bisa lebih tepat sasaran dan akurat," kata dia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengomentari hal ini dengan menyampaikan perkembangan positif yang dilakukan Korlantas tersebut. Seperti, layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Online di berbagai Polres yang sudah menerapkan sistem digital.

"Pelayanan Samsat banyak sekali perbaikan, ada samsat online, perpanjangan SIM dalam hitungan menit, penerbitan SIM Internasional diantar ke rumah, semua bertumpu pada peningkatan pelayanan publik," kata Tjahjo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement