Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Midis CWLS Ritel Siap Lakukan Penawaran Online

Ahad 29 Nov 2020 13:28 WIB

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Fuji Pratiwi

CWLS Ritel Seri SWR001. Para mitra distribusi penawaran Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) ritel siap menawarkan instrumen keuangan syariah itu secara online di kemudian hari.

CWLS Ritel Seri SWR001. Para mitra distribusi penawaran Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) ritel siap menawarkan instrumen keuangan syariah itu secara online di kemudian hari.

Foto: https://www.kemenkeu.go.id/
Midis sudah memiliki pengalaman menawarkan sukuk pemerintah secara online.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mitra distribusi (midis) penawaran Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) ritel siap menawarkan instrumen keuangan syariah itu secara online di kemudian hari. Pemanfaatan platform digital akan memudahkan wakif potensial dan meningkatkan jumlah pengumpulan.

Corporate Secretary PT Bank BNI Syariah Bambang Sutrisno menjelaskan, BNI Syariah siap untuk melakukan penjualan CWLS ritel secara online pemerintah telah mengimplementasikannya.  

Bambang mengatakan, BNI Syariah akan memanfaatkan portal resminya, www.haisbsnsyariah.co.id. "Melalui situs ini, investor dapat melakukan pendaftaran dan pemesanan CWLS secara mandiri," kata Bambang saat dihubungi Republika, Ahad (29/11).

Baca Juga

BNI Syariah yang sudah ditunjuk sebagai midis resmi penjualan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sejak Agustus 2020 telah memanfaatkan laman tersebut untuk penjualan sukuk pemerintah. Mereka adalah Sukuk Ritel (SR) seri SR013 dan yang terbaru adalah Sukuk Tabungan (ST) seri ST007.

Optimalisasi peran digital, kata Bambang, merupakan satu dari dua kunci untuk pengembangan CWLS maupun industri keuangan halal secara keseluruhan. Poin kedua, literasi terkait produk kepada masyarakat.

"Dua hal tersebut sangat penting untuk dijalankan secara bersama untuk pengembangan ekosistem halal value chain di CWLS," kata dia.

PT BRI Syariah juga menyampaikan poin serupa. Sekretaris Perusahaan BRI Syariah Mulyatno Rachmanto mengatakan, sosialisasi secara kontinyu tentang CWLS kepada berbagai lapisan masyarakat masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah yang harus ditingkatkan. Dalam menuntaskan tantangan tersebut, ia memastikan, BRI Syariah akan mendukung upaya pemerintah.

BRI Syariah juga menyambut positif rencana penawaran CWLS ritel secara daring di kemudian hari. Mulyanto menyebutkan, perseroan telah memiliki sistem yang mumpuni untuk mendukungnya.

"Sistem akan siap karena kami sudah ada pengalaman menawarkan sukuk dalam sistem daring," kata Mulyanto.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB