Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sosok Maradona di Mata Adik Angkatnya di Napoli

Ahad 29 Nov 2020 12:08 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah

Museum Diego Maradona milik Massimo Vignati dan keluarganya.

Museum Diego Maradona milik Massimo Vignati dan keluarganya.

Foto: PA-EFE/CESARE ABBATE
Vignati saat mengelola museum Maradona di rumahnya di Secondigliano, dekat Napoli.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPOLI -- Mendiang Diego Maradona terlihat merangkul sosok laki-laki dan istrinya Claudia Villafane dalam sebuah foto saat masih membela Napoli. Lelaki itu adalah Massimo Vignati, sosok yang sudah dianggap sebagai keluarga oleh Maradona.

Vignati dan Maradona menjadi tak terpisahkan ketika sang bintang mempekerjakan ibu Vignati. Lucia untuk mengurus rumah tangga dan juru masak. Maradona bahkan memanggil Lucia sebagai mama. Seluruh keluar Vignati bekerja untuk Maradona, termasuk mendiang ayahnya Saverio yang dipekerjakan di Stadion San Paolo selama 35 tahun.

Kakak perempuan Vignati mengasuh anak-anak Maradona dan sepupunya menjadi pembersih rumah. Karena itu, keluarga Vignati sosok yang sangat bersedih ketike Maradona pergi di usia 60 tahun. Vignati saat mengelola museum Maradona di rumahnya di Secondigliano, dekat Napoli.

Baca Juga

“Dia pindah ke sini ketika saya berusia 10 tahun dan pergi ketika saya berusia 17 tahun,” kenang Vignati dilansir dari Mirror, Ahad (29/11).

Banyak pelajaran didapatkan Vignati dari Maradona. Vignati yang jarang sekolah dan lebih suka pergi ke rumah Maradona bersama ibunya hanya untuk membersihkan koleksi piala milik Maradona. Membersihkan itu semua, kata dia, butuh waktu satu hari.

Ia juga mengaku bermain bola lima lawan lima bersama Maradona. Seperti hampir seluruh bintang dunia, Maradona juga tak mau kalah meskipun hanya sebatas laga 'cari keringat'. "Dia tidak suka kalah. Dia stres kalau kalah," kata Vignati mengenang.

Maradona dianggap sebagai dewa di Kota Napoli. Maradona memperkuat Napoli dari 1984 hingga 1991. Dia memimpin Napoli meraih dua gelar Serie A serta Piala UEFA dan sejumlah kemenangan di level domestik.

Namun di luar lapangan hijau, kehidupan Maradona dipenuh dengan kekacauan. Dia berteman dekat dengan keluarga Guillano, mafia lokal Camorra. Dia juga kencandua kokain dan pelacur, diduga akibat pertemanannya dengan anggota keluarga Guillano. Dia akhirnya bercerai dengan istrinya Claudia pada 2004 setelah 20 tahun membina rumah tangga. Dari pernikahannya Maradona memiliki dua putri.

Kendati demikian, Vignati menilai Maradona orang baik. "Dia mengatakan kepada saya untuk tidak meniru kesalahannya. Dia punya masalah, tapi itu masalah pribadi. Dia hanya melukai dirinya sendiri, tidak pernah orang lain,” kata Vignati memuji Maradona. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA