Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Top 5 News: Liburan Covid dan Jejak Ahok di Ketum Baru MUI

Ahad 29 Nov 2020 09:59 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Ketua Umum MUI terpilih periode 2020-2025 Miftachul Akhyar saat penutupan Musyawarah Nasional X MUI di Jakarta, Jumat (27/11). Miftachul Akhyar terpilih sebagai ketua umum MUI periode 2020-2025 menggantikan Ma’ruf Amin setelah ditetapkan secara mufakat oleh tim formatur Munas X dan MUI.

Ketua Umum MUI terpilih periode 2020-2025 Miftachul Akhyar saat penutupan Musyawarah Nasional X MUI di Jakarta, Jumat (27/11). Miftachul Akhyar terpilih sebagai ketua umum MUI periode 2020-2025 menggantikan Ma’ruf Amin setelah ditetapkan secara mufakat oleh tim formatur Munas X dan MUI.

Foto: Republika/Thoudy Badai
Dua berita mualaf mendominasi daftar top 5 news.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua kisah mualaf mendominasi daftar berita populer di Republika.co.id, Sabtu (29/11). Sementara profil Kiai Haji (KH) Miftachul Akhyar yang terpilih menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020-2025 masuk dalam daftar baca populer.

Berikut top 5 news di Republika.co.id, Sabtu, 29 November 2020:

a1. Bentrok Muslim dan Kristen Berujung Penangkapan 8 Orang

KAIRO -- Otoritas Mesir dikabarkan menangkap delapan orang menyusul bentrokan yang meletus pada Rabu (25/11) malam antara Muslim dan Kristen Koptik di Gubernuran Minya. Sayangnya, otoritas Mesir belum mengomentari kabar tersebut.

Sebelumnya, British Broadcasting Corporation (BBC) melaporkan pada Kamis bahwa pihak berwenang di Mesir menahan sejumlah orang di sebuah desa di Gubernuran Minya menyusul bentrokan antara Muslim dan Koptik. Situs berita Kairo 24 mengutip sumber keamanan yang menyatakan, Pasukan Keamanan Pusat Kementerian Dalam Negeri turun tangan untuk mengendalikan situasi di desa Deir El-Bersha.

Kairo 24 menambahkan, delapan orang dari desa itu ditangkap karena kerusuhan dan penyerangan. Radio Al-Hurra melaporkan saksi mata mengungkapkan, pada Rabu pasukan keamanan menahan bentrokan di desa tempat penduduk Muslim dan Koptik saling menyerang dengan menggunakan bom molotov.

Laporan media mengonfirmasi bentrokan meletus karena unggagan Facebook yang diterbitkan oleh seorang pemuda Koptik dari desa tersebut dan oleh penduduk Muslim dianggap menghina Nabi Muhammad (SAW). Situasi meningkat menjadi perselisihan antara Muslim dan Koptik dengan pelemparan batu dan bom molotov.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Sholat di Padang Pasir Bawa Jutawan Mark Shaffer Jadi Mualaf

Mark Shaffer memutuskan menjadi Muslim sekitar 11 tahun lalu atau tepatnya pada 17 Oktober 2009. Ia berikrar syahadat saat berada di Arab Saudi.

Ketika itu, Mark sedang menghabiskan waktu liburan di negara petro dolar itu selama 10 hari dengan mengunjungi beberapa kota, seperti Riyadh, Abha, dan Jeddah. Selama kunjungan ini, ia tertarik dengan Islam dan mempelajarinya.

Mark adalah seorang jutawan terkenal sekaligus seorang pengacara di Los Angeles. Spesialisasi kasus yang ia tangani adalah seputar kasus di hukum perdata. Ia merupakan pemilik firma hukum The Shaffer Law Firm. Kasus besar terakhir  yang ia tangani adalah kasus penyanyi pop terkenal Amerika, Michael Jackson, sepekan sebelum ia meninggal.

Perkenalan Mark tidak terlepas dari sentuhan pemandu wisata yang menemaninya selama di Arab Saudi. Dhawi Ben Nashir namanya. Menurut Nashir, sejak menginjakkan kaki pertama kali di Arab Saudi dan tinggal di Riyadh selama dua hari, Mark sudah mulai mengajukan pertanyaan soal Islam dan sholat. Dari hari ke hari selama perjalanan wisata, ketertarikan Mark kepada Islam semakin besar, terutama saat ia mengunjungi padang gurun pasir.

Baca berita selengkapnya di sini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA