Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

Courtois Blunder, Real Madrid Kalah dari Alaves

Ahad 29 Nov 2020 05:18 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Bayu Hermawan

Thibaut Courtois

Thibaut Courtois

Foto: EPA-EFE/JuanJo Martin
Real Madrid menyerah 1-2 dari Deportivo Alaves

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Real Madrid harus menyerah dari tamunya Deportivo Alaves dengan skor 1-2 pada lanjutan pekan ke-10 La Liga Spanyol 2020/2021, yang berlangsung di Stadion Alfredo Di Stefano, Ahad (29/11) dini hari WIB.

Berlaku sebagai tuan rumah pasukan Zinedine Zidane justru tertinggal gol cepat pada menit kelima melalui penalti Lucas Perez. Adapun gol kedua Alaves dicatat Joselu menit ke-49.

Sementara Madrid baru dapat memperkecil kedudukan pada melalui gol gelandang bertahan Casemiro menit ke-86. Sayangnya, gol tambahan untuk Los Merengues tak kunjung hadir hingga peluit panjang berbunyi.

Baca Juga

Hasil ini membuat Madrid tertahan di peringkat keempat klasemen dengan perolehan angka 17 dari lima kemenangan, dua imbang, dan tiga kekalahan. El Real tertinggal enam poin dari Atletico Madrid di kursi kedua, dan Real Sociedad di peringkat pertama.

Untuk Alaves, tim besutan Pablo Machin merangkak naik ke peringkat sembilan dengan mengumpulkan perolehan 13 poin. Pertandingan didominasi oleh Real Madrid atas Alaves dengan penguasaan bola masing-masing 61 persen berbanding 49 persen.

Bertindak sebagai tuan rumah, Real Madrid justru dikejutkan dengan gol cepat Alaves pada menit ke-5 lewat titik putih. Alaves mendapatkan hadiah penalti setelah bek Real Madrid, Nacho Fernandez, kepergok handball di kotak penalti.

Lucas Perez yang bertindak sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik dan menaklukkan Thibaut Courtois. Untuk sementara, Alaves unggul atas Real Madrid dengan skor 1-0.

Usai kebobolan satu gol Los Blancos langsung tancap gas dan mendapatkan peluang pada menit ke-16. Sayang sundulan Mariano Diaz memanfaatkan sepak pojok Toni Kroos masih bisa diamankan oleh kiper ALaves, Fernando Pacheco.

Madrid terus menekan dan kembali mencetak peluang lewat Eden Hazard pada menit ke-21. Beruntung bagi Alaves, Pacheco lagi-lagi sukses menjaga gawangnya agar tidak kebobolan dengan mementahkan tendangan Hazard.

Asyik menyerang, juara bertahan La Liga Spanyol justru hampir kebobolan pada menit ke-24 lewat skema serangan balik Alaves. Perez yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Courtois menge-chip bola di atas kepala kiper Belgia itu. Akan tetapi, tangan Courtois masih mampu menjangkau bola dan Alaves gagal mencetak gol kedua mereka.

Nahas, bintang Madrid Eden Hazard, harus ditarik keluar lebih cepat pada menit ke-29 usai dilanggar Ruben Duarte. Hazard mengerang kesakitan dan digantikan oleh talenta muda asal Brasil, Rodrygo Goes. Adapun skor 1-0 untuk keunggulan Alaves pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki interval kedua El Real mencoba bangkit. Akan tetapi, Madrid kembali mengalami masalah pada awal laga. Pasalnya laga baru berjalan empat menit, Madrid lagi-lagi mendapatkan bencana.

Pada menit ke-49, Alaves berhasil menggandakan keunggulan untuk membuat Madrid semakin terpuruk. Kali ini gol kedua Alaves tercipta dari aksi Joselu yang berhasil memanfaatkan kelengahan kiper Madrid yakni Thibaut Courtois.

Performa buruk ditunjukkan Courtois yang salah dalam memberi umpan. Bermaksud hati hendak memberikan umpan kepada Casemiro, tetapi Courtois melakukan arah yang salah. Situasi itu kemudian dimanfaatkan oleh Joselu dengan memotong bola dan mengoyak jala Madrid. Alaves pun unggul 2-0.

Tertinggal dua gol, Madrid ternyata masih tidak menyerah. Namun, Madrid baru berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-86 lewat aksi Casemiro. Memanfaatkan situasi bola rebound, Casemiro berhasil menjebloskan bola ke gawang Alaves. Skor pun berubah menjadi 2-1.

Akan tetapi, hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir, skor tetap bertahan. Akhirnya Alaves sukses memastikan kemenangan atas Madrid dengan skor 2-1.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA