Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Nia-Usman Utamakan Peran Ibu dalam Berantas Covid-19

Sabtu 28 Nov 2020 21:09 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Agus Yulianto

 Calon Bupati Bandung nomor urut 1 Kurnia Agustina

Calon Bupati Bandung nomor urut 1 Kurnia Agustina

Foto: Istimewa
Penting bagi ibu dalam mengingatkan keluarganya untuk tetap memakai masker.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Debat calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung berlangsung di Hotel Sultan Raja, Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu (28/11). Dalam kesempatan ini, calon Bupati Bandung nomor urut 1, Kurnia Agustina menyebut, peran Ibu dalam memberantas Covid-19.

Nia, sapaannya, menyebut pandemi Covid-19 tidak hanya menghantam Kabupaten Bandung, tapi juga seluruh dunia. Karena itu, dia menyebut perlu adanya strategi yang justru dimulai dari keluarga.

"Melalui penekanan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) di tengah keluarga kita, maka peran ibu sangat penting para ibu di Kabupaten Bandung," kata Nia.

Nia menyebut, penting bagi ibu dalam mengingatkan keluarganya untuk tetap memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan meningkatkan iman serta imun. Disisi lain, Nia pun menjanjikan adanya penanganan pandemi Covid-19 melalui aspek yang lebih luas.

"Swab test bisa dilakukan di Puskesmas dan RSUD. Penataan laboratorium kesehatan khusus untuk suspek Covid-19, serta kebijakan untuk adaptasi new normal baik di pasar, sekolah, tempat keramaian, mall dan lainnya," kata Nia.

Nia mengakui bahwa di lapangan, banyak sekali pihak yang menaruh perhatiannya dalam penanganan pandemi ini. Dia menyebut, pemerintah pun telah membuat aplikasi Sawarna untuk bisa men-tracing Covid-19 di Kabupaten Bandung.

"Bisa dilihat di sana karena ada 31 kecamatan di Kabupaten Bandung, setelah melihat ada di mana dan berapa KK yang terinfeksi, ini menjadi kesempatan kita untuk menjaga diri sendiri dan jangan menunggu waktu lagi," kata Nia.

 

 
 

BERITA LAINNYA