Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Bazar Virtual Produk UKM Digelar Lewat Yukjajan.com

Sabtu 28 Nov 2020 20:25 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah

Sebuah komunitas di Depok menggelar bazar virtual melalui portal bernama yukjajan.com yang akan dilaksanakan mulai 29 November hingga 3 Desember 2020.

Sebuah komunitas di Depok menggelar bazar virtual melalui portal bernama yukjajan.com yang akan dilaksanakan mulai 29 November hingga 3 Desember 2020.

Foto: Tangkapan layar
Situs belanja online ini akan memasarkan produk UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Mencari solusi untuk tetap bertahan dan terus bangkit di masa pandemi terus diupayakan oleh berbagak pihak. Tak terkecuali sekelompok warga di perumahan Bumi Sawangan Indah (BSI 2), Kecamatan Sawangan, Depok. 

Maka lahirlah sebuah situs belanja yang dinamai www.yukjajan.com. Web Bazar Online Depok ini digagas Komunitas Pasar Online Perumahan BSI. Website ini akan memasarkan produk-produk usaha kecil menengah (UKM). 

Penggagas Komunitas Pasar Online BSI, Chairul Saleh mengatakan, kehadiran bazar online diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pokok warga di saat pandemi Covid-19. "Bazar online ini awalnya bermula dari komunitas pasar online yang saya buat di perumahan BSI sejak April 2020, pada awal-awal masa pandemi Covid-19," ujar Chairul, Sabtu (28/11).

Baca Juga

Menurut Chairul, dari April hingga November 2020 Komunitas Pasar Online Perumahan BSI terus berkembang dan juga memasarkan produk UKM. "Alhamdulillah terus berkembang, cuma kan pasarnya terbatas. Akhirnya saya punya ide untuk memasarkan produk UKM yang ada di komplek saya dan sekitarnya ke seluruh warga Kota Depok. Caranya, karena pandemi Covid-19 ini tidak boleh mengadakan bazar offline, maka saya buat bazar online," jelasnya.

Chairul menjelaskan, tujuan lain bazar online adalah perkenalkan produk UMKM ke pasar yang lebih luas yaitu Kota Depok dan sekitarnya. Bahkan hingga ke Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. 

"Alhamdulillah dari grup Komunitas Pasar Online di BSI ini respons masyarakat sangat tinggi. Jadi mereka saling membeli produk tetangga di satu kompleks BSI dan terus berkembang ke pasar yang lebih luas lagi," tutur Chairul.

Dia menambahkan, target saat ini adalah memasarkan produk-produk UKM di Sawangan agar dikenal oleh semua warga Kota Depok. "Dengan menawarkan harga murah tapi berkualitas dan kita berikan fasilitas gratis ongkos kirim (ongkir) untuk wilayah Depok," terang Chairul.

Chairul mengatakan, Bazar Online Depok perdana akan digelar mulai Ahad (29/11) hingga 3 Desember 2020. "Jadi yang diandalkan dalam program ini adalah ordernya bisa via website tanpa harus login dulu. Tampilan websitenya seperti aplikasi Go Food. Kemudian, kami sediakan gratis ongkir untuk wilayah pangantaran Kota Depok," ungkapnya.

Kelebihan lainnya, dengan transaksi dalam jumlah tertentu, pembeli bisa berpeluang mendapatkan hadiah langsung. "Ini mudah-mudahan bisa menarik daya beli masyarakat Kota Depok. Untuk pemasarannya, menggunakan website yang kita share setiap hari. Kemudian kita gerakan semua peserta bazar yang berjunlah 100 UKM ini untuk ikut membagikan informasi tersebut," ujar Chairul.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB