Monday, 12 Jumadil Akhir 1442 / 25 January 2021

Monday, 12 Jumadil Akhir 1442 / 25 January 2021

Pemkab Garut Siapkan Digital Tourism

Sabtu 28 Nov 2020 20:10 WIB

Red: Hiru Muhammad

ilustrasi. Suasana desa wisata di Desa Sulaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.

ilustrasi. Suasana desa wisata di Desa Sulaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.

Foto: Diskominfo Garut
Program digital tourism tidak hanya transaksi daring tapi juga fasilitas internet

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat telah menyiapkan konsep penerapan program" digital tourism" untuk memberikan kenyamanan wisatawan melakukan transaksi maupun informasi terkait destinasi wisata yang bisa dilakukan secara digital.

"Jualan tiket secara online, pembayaran dengan uang elektronik, kita rencanakan seperti itu," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Budi Gan Gan di Garut, Sabtu (28/11).

Ia menyebutkan program digital tourism itu tidak hanya transaksi daring saja tapi akan ada fasilitas jaringan internet di setiap destinasi wisata di Kabupaten Garut. Selanjutnya,  ada peta wisata digital, jualan oleh-oleh di tempat wisata dengan cara daring dalam pengiriman barangnya, dan destinasi berbasis CCTV yang bisa melihat aktivitas wisatawan di kawasan objek wisata.

"Digital tourism ini menjawab kondisi dunia saat ini, oleh karena itu maka nanti di Situ Cangkuang bapak dan ibu beserta wisatawan itu tidak perlu bawa uang 'cash', cukup dengan bawa 'cashless', cukup dengan misalnya barcode dan sebagainya semuanya digital," kata Budi.

Ia mengungkapkan program itu untuk mengikuti perkembangan zaman yang saat ini sudah serba digital untuk memudahkan masyarakat dalam beraktivitas termasuk kegiatan wisata.

Teknologi itu, kata dia, tentunya harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, khususnya bagi pelaku usaha wisata dalam mengembangkan potensi wisata di Garut."Digital tourism ini harus berbasis pada kolaborasi kepada kecerdasan buatan dengan kecerdasan manusia," kata Budi.

Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut Fiki Radiansyah menambahkan program digital tourism itu targetnya wisatawan luar yang selama ini sudah terbiasa dengan pembayaran memakai uang elektronik."Diharapkan dengan penerapan 'smart digital tourism' ini wisatawan lebih banyak lagi berkunjung ke Garut dan mereka bisa aman dan nyaman," katanya.

 

 

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA