Sabtu 28 Nov 2020 17:56 WIB

Trump Minta Hitung Ulang Winconsin, Suara Biden Justru Naik

Suara Biden di Milwaukee County bertambah 132 suara.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Donald Trump
Foto: Erin Schaff / POOL/The New York Times POOL
Presiden Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Penghitungan suara ulang di county terbesar Negara Bagian Wisconsin yang diminta Donald Trump justru menambah suara untuk Joe Biden. Setelah dihitung ulang suara Biden di Milwaukee County bertambah 132 suara dari sekitar 460 ribu suara yang masuk.

Berdasarkan hasil penghitungan suara yang berakhir pada Jumat (27/11) malam waktu setempat, keseluruhan suara untuk presiden terpilih Joe Biden bertambah 257 sementara Trump bertambah 125 suara.

Tim kampanye Trump meminta penghitungan ulang di dua county terpadat di Wisconsin. Permintaan ini disampaikan setelah hasil pemilihan presiden sementara menunjukkan Trump kalah 20 ribu suara di Wisconsin.

Tim kampanye Trump membayar 3 juta dolar AS untuk penghitungan ulang. Penghitungan ulang di Dane County diperkirakan selesai pada Ahad (29/11) besok.

Biden memenangkan pemilihan presiden dengan 306 suara elektoral, lebih banyak dari minimal yang dibutuhkan untuk memenangkan pemilihan yakni 270 suara. Sementara Trump hanya mendapatkan 232 suara elektoral. Biden juga unggul enam juta suara popular.

"Penghitungan ulang ini menunjukkan apa yang sudah kami ketahui, pemilihan di  Milwaukee County adil, transparan, akurat dan aman," kata Milwaukee County Clerk George Christenson usai penghitungan suara ulang berakhir.

Trump masih berharap dapat mengajukan gugatan terhadap hasil keseluruhan di Wisconsin tapi waktunya sudah hampir habis. Negara bagian itu akan meresmikan hasil pemilihan presiden pada Selasa (1/12) mendatang. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement