Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Dirut KAI Ungkap Program ke Depan KRL Layani Surabaya-Malang

Sabtu 28 Nov 2020 17:22 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Kreta rel listrik (KRL) Commuterline memasuki Stasiun KA Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (19/10). PT KAI jangka panjang akan melakukan elektrifikasi rute Surabaya-Malang agar dilayani KRL.

Kreta rel listrik (KRL) Commuterline memasuki Stasiun KA Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (19/10). PT KAI jangka panjang akan melakukan elektrifikasi rute Surabaya-Malang agar dilayani KRL.

Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
PT KAI akan menyediakan KA eksekutif Surabaya-Malang dengan waktu tempuh dua jam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah KRL Commuter Line melayani rute Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang (Jabodetabek) plus Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, kini layanan kereta listrik tersebut juga hadir di rute Yogyakarta-Solo yang melayani 11 stasiun. Rute KRL tersebut direncanakan beroperasi penuh pada awal 2021.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) pun merencanakan untuk menambah rute baru. Layanan ketiga KRL Commuterline tersebut untuk jangka panjang dibuat di rute yang menghubungkan dua kota terbesar di Jawa Timur (Jatim).

Hanya saja, saat ini rel yang melayani Surabaya-Malang baru single track. Adapun layanan KRL Commuterline bisa maksimal kalau relnya sudah double track. Meski begitu, Didik tidak menyinggung kapan jalur Surabaya-Malang dibuat menjadi jalur ganda.

"Dalam jangka panjang sedang dikaji program elektrifikasi lintas Malang-Surabaya. Setelah program elektrifikasi Yogya-Solo berjalan sukses. Mohon doa restunya," kata Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo lewat akun Twitter-nya, @mas_didiek, beberapa waktu lalu.

Kota Surabaya dan Malang merupakan dua kota terpadat di Jatim. Selain Kereta Penataran yang merupakan kereta lokal, dua kota tersebut juga dilayani Kereta Jayabaya yang memiliki rute Malang-Jakarta dengan melewati Stasiun Gubeng dan Pasar Turi di Surabaya. Mengingat potensi penumpang yang besar, PT KAI sedang merencanakan untuk meluncurkan kereta baru untuk melayani Surabaya-Malang.

"Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang sifatnya komuter Malang-Surabaya dan sebaliknya, akan segera ada KA eksekutif Malang-Surabaya dengan waktu tempuh kurang dari 2 jam," kata Didik.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA