Sabtu 28 Nov 2020 17:19 WIB

Pria di Ponorogo ini Sukses Kembangkan Bonsai Kelapa

Pohon kelapa dibonsai? Inilah yang dilakukan petani Ponorogo.

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com
.
.

jatimnow.com - Pandemi Covid-19 tidak lantas membuat Jais Prasetyo (40), warga Desa Prajegan, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo pesimis. Pria ini terus mengembangkan budidaya bonsai kelapa (bonka) yang ditekuninya.

Jais mengaku mulai menggeluti usaha bonka dengan belajar secara otodidak melalui YouTube. Jais mulai mencoba mencari kelapa yang berukuran kecil yang berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur.

Menurutnya, kelapa gang dari Flores yang paling pas, karena ukurannya kecil dan agak lonjong.

"Pembeli itu suka cari yang kecil, karena biasanya ditaruh di atas meja untuk hiasan," jelas Jais ditemui di rumahnya, Sabtu (28/11/2020).

Jais menjelaskan, untuk membentuk bonka, dia mencari kelapa berukuran kecil dan tua. Kemudian dirawat di dalam media berisi air. Biasanya dia memaksi bak air.

"Kalau sudah di tempat lembab atau bak, lalu keluar tunas sudah dipastikan bonsai kelapanya hidup," papar Jais.

Setelah itu, lanjut Jais, tunas akan membentuk akar. Saat akarnya dirasa sudah cukup kuat, lantas dipindah ke dalam pot yang baru. Di dalam pot disediakan media, mulai dari tanah dicampur pasir dan sekam untuk media. Juga batu karang serta batu-batu kecil untuk hiasan.

"Memindahnya harus pelan-pelan supaya tanaman tidak stres," terang Jais.

Menurut Jais, proses perawatan terbilang mudah, hanya perlu rutin menyiram air. Tujuannya untuk memcetak batang atau glugu. Setelah itu proses pecah daun.

Jais menyebut, proses pembuatan bonka membutuhkan waktu yang lumayan lama antara 9 bulan hingga 12 bulan. Setelah jadi, dia menjual bonka mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 1,1 juta.

"Yang beli senang, biasanya saya lepas. Biasanya pertumbuhannya belum sampai 100 persen atau pecah daun, sudah laku," ungkap Jais.

Sedangkan dalam perawatannya, media tanam harus terus diperhatikan serta cukup air.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan jatimnow.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab jatimnow.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement