Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Kembangkan Mobil Listrik,GM Siapkan Investasi dan Ribuan SDM

Sabtu 28 Nov 2020 18:22 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

The General Motors logo is seen outside its headquarters at the Renaissance Center in Detroit, Michigan in this file photograph taken August 25, 2009.

The General Motors logo is seen outside its headquarters at the Renaissance Center in Detroit, Michigan in this file photograph taken August 25, 2009.

Foto: Reuters/Jeff Kowalsky
GM mengumumkan akan merekrut 3 ribu pegawai baru.

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT--General Motors (GM) merupakan salah satu pabrikan yang berkomitmen untuk serius dalam menggarap pasar mobil listrik. Hal itu pun terlihat dari komtimen GM dalam menghadirkan produk electric vehicle (EV) dan persiapan terkait sumber daya manusia (SDM).

Dilansir dari Reuters pada Sabtu (28/11), pabrikan Amerika itu pun telah mempersiapkan dana investasi demi pengembangan EV. Vice President of Electric and Autonomous Programs GM, Ken Morris mengatakan, GM akan menggelontorkan investasi sebesar 20 miliar dolar AS untuk pengembangan EV dan sistem kendali otonom.

"Kami memang tengah melakukan langkah yang agreif. Perkembangan investasi untuk EV tidak mengalami perlambatan," kata Ken Morris.

Soal SDM, GM juga mengumumkan akan merekrut 3 ribu pegawai baru. Pegawai baru itu merupakan pegawai penunjang kehadiran EV baik dari sisi engineering, desain dan teknologi informasi.

Seluruh langkah itu pun dibarengi dengan langkah dalam penyiapan fasiltas produksi. Dilansir dari Electrive pada Oktober, langkah persiapan itu dilakukan lewat konversi fasilitas produksi kendaraan konvensional menjadi pabrik EV.

Konversi itu dilakukan pada fasilitas produksi utama GM yang terletak di Detroit, Amerika Serikat (AS). Lewat fasilitas produksi itu, GM bercita-cita untuk mampu menjadi pemain utama dalam pasar EV. Selain itu, GM juga akan menjadikan pabrik di Detroit itu menjadi pabrik flagship dalam menghadirkan kendaraan masa depan yang ramah lingkungan.

Dalam melakukan konversi ini sendiri, GM membutuhkan investasi sebesar 2,2 miliar dolar AS. Artinya, investasi ini merupakan salah satu investasi tunggal terbesar yang dilakukan dalam pengembangan pabrik GM.

Lewat investasi itu, maka pabrik GM akan dilengkapi dengan assembly, bodywork and painting areas yang didukung dengan sistem robotik terbaru. Selain itu, pabrik yang menyerap tenaga kerja sebanyak 2.200 orang itu juga akan dibekali dengan sistem kontrol terbaru.

Lewat pabrik ini, GM berkomitmen untuk mampu menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan. Agar mampu berperan secara holistik bagi lingkungan, maka pabrik ini juga dihadirkan dengan proses produksi yang ramah lingkungan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA