Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Trending, Ini Resep Roti Panggang Kembang Kol Keju

Sabtu 28 Nov 2020 08:25 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Resep roti bakar dengan topping kembang kol dan lelehan keju menjadi populer di media sosial.

Resep roti bakar dengan topping kembang kol dan lelehan keju menjadi populer di media sosial.

Foto: kalpanadollysheth/Instagram
Kreasi kembang kol dengan keju leleh di atas roti panggang dianggap ide cerdas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kombinasi kembang kol dan keju dengan roti panggang mungkin tampak tak biasa. Namun siapa sangka, ketiganya justru dapat menghasilkan sebuah sajian unik yang menggugah selera.

Kreasi roti panggang kembang kol keju ini mirip seperti roti panggang alpukat. Bedanya, alpukat pada roti panggang digantikan oleh kombinasi kembang kol dan lelehan keju.

Tren roti panggang kembang kol keju bahkan turut menarik perhatian penulis buku resep Nigella Lawson. Melalui media sosial, Lawson berbagi resep kreasi roti panggang kembang kol keju milik fotografer Skotlandia Del Sneddon.


Banyak dari pengikut Lawson di media sosial yang memberikan respons positif ketika melihat kreasi roti panggang tersebut. Tak sedikit yang menyatakan bahwa mereka tergiur untuk membuat dan mencicipi sendiri roti panggang kembang kol keju.

Seorang warganet bahkan mengakui bahwa resep ini merupakan satu dari sedikit resep yang dapat membuat kembang kol terasa sangat menggugah selera. Penyajian kembang kol di atas roti panggang pun dinilai sebagai sebuah ide yang cerdas.

"Menaruhnya di atas roti panggang merupakan langkah yang jenius," tulis seorang warganet, seperti dilansir The Sun.

Yang menarik dari resep ini, bahan-bahan yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera atau pun dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Bila tertarik mengikut resep roti panggang kembang kol keju versi Del seperti Nigella, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Rebus kuntum kembang kol hingga matang, saring, dan sisihkan.

2. Untuk membuat saus keju, lelehkan mentega lalu masukkan tepung, aduk. Setelah itu, tambahkan susu hingga menciptakan tekstur yang kental. Tambahkan dua sendok bubuk moster dan sejumput pala, atau bahan-bahan lain yang disukai untuk menambah rasa. Setelah itu, tambahkan keju mozzarella dan cheddar lalu aduk hingga seluruh bahan tercampur merata.

3. Setelah kembang kol didiamkan selama lima menit, campurkan kembang kol dengan saus keju. Setelah itu, tuangkan campuran ini ke atas potongan roti yang tebal, misalnya roti sourdough. Panggang hingga warna menjadi emas kecoklatan.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA