Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Bima Arya: Keluarga Tolak HRS Dites Swab Ulang

Jumat 27 Nov 2020 22:20 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Andri Saubani

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto memantau pemangkasan pohon di Jalan Ahmad Yani, Tanah Sareal pasca kejadian pohon tumbang, Senin (2/11).

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto memantau pemangkasan pohon di Jalan Ahmad Yani, Tanah Sareal pasca kejadian pohon tumbang, Senin (2/11).

Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Satgas Covid-19 Kota Bogor meminta swab test dilaksanakan ulang terhadap HRS.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR— Pihak keluarga Habib Rizieq Shihab (HRS) tidak berkenan untuk melakukan tes swab ulang. Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

"Dari keluarga yang menolak," kata Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, Jumat (27/11) malam.

Bima Arya mengatakan, pihaknya meminta Habib Rizieq untuk melakukan tes swab karena menjalankan Undang-undang Kekarantinaaan. Dengan adanya penolakan ini, dirinya langsung bertolak dari Balai Kota Bogor ke Rumah Sakit Ummi untuk meminta penjelasan terkait penolakan tersebut.

"Kita kan menjalankan undang-undang ada mandat dari Undang-undang Karantina. RS Ummi kan masih NKRI, masih Kota Bogor, wilayah saya. Enggak bisa sembarangan menolak. Saya akan datangi minta penejelasan kenapa menolak," tutup Bima.

Menurut Bima, HRS telah melakukan tes swab tanpa sepengetahuan pihak Rumah Sakit Ummi, Kota Bogor, dan tanpa koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Bogor. Sehingga, Satgas Covid-19 Kota Bogor meminta dilaksanakan tes swab ulang.

Berdasarkan informasi yang didapatkan Bima Arya, pelaksanaan tes terhadap Habib Rizieq dilakukan oleh tim dari MER-C. Di mana, hasilnya juga dikirim ke lab milik MER-C di Jakarta. Namun, hal itu masih belum bisa dipastikan karena tidak ada dokumentasi, juga tidak ada data penyelenggaraan tes swab tersebut.

Baca Juga

photo
Habib Rizieq Shihab - (republika)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA