Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

Bima Sebut HRS Tes Swab tanpa Sepengetahuan RS dan Satgas

Jumat 27 Nov 2020 18:44 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Andri Saubani

Karangan bunga untuk Habib Rizieq Shihab di RS Ummi, Kota Bogor, Jumat (27/11)

Karangan bunga untuk Habib Rizieq Shihab di RS Ummi, Kota Bogor, Jumat (27/11)

Foto: Republika/shabrina zakaria
Satgas Covid-19 meminta swab test dilaksanakan ulang terhadap HRS.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR— Pihak Habib Rizieq Shihab disebut melakukan tes usap (swab test) tanpa sepengetahuan pihak Rumah Sakit Ummi, Kota Bogor, dan tanpa koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Bogor. Untuk itu, Satgas Covid-19 meminta swab test dilaksanakan ulang.

Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku mendapatkan informasi tersebut setelah sholat Jumat. Padahal, Satgas Covid-19 telah meminta RS Ummi untuk berkoordinasi terkait pelaksanaan swab test terhadap Habib Rizieq.

“Setelah Jumatan, saya dapat informasi bahwa Habib Rizieq telah dilakukan swab test, tanpa mengabari kami. Kemudian, saya komunikasi langsung dengan Dr. Andi (Dirut RS Ummi) dan disampaikan beliau juga tidak tahu bahwa swab test dilakukan ketika pelaksanaan sholat Jumat,” kata Bima Arya kepada awak media di Balai Kota Bogor, Jumat (27/11).

Bima Arya mengatakan, artinya dalam hal ini pihak RS Ummi tidak berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 seperti yang sudah disampaikan sebelumnya. Koordinasi tersebut penting untuk dilakukan supaya pelaksanaan swab test diawasi sesuai dengan prosedur, siapa yang melakukan, dan akan dikirim ke lab mana hasil dari swab test-nya.

“Saya sebelumnya sampaikan, jangan lupa koordinasi karena harus disaksikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor dan harus disepakati dikirim ke mana untuk pemeriksaan dari hasil swab test,” lanjutnya.

Berdasarkan informasi yang didapatkan Bima Arya, pelaksanaan swab test terhadap Habib Rizieq dilakukan oleh tim dari MER-C. Di mana hasilnya juga dikirim ke lab milik MER-C di Jakarta.



Namun, hal itu masih belum bisa dipastikan karena tidak ada dokumentasi juga tidak ada data penyelenggaraan swab test yang katanya sudah dilakukan. “Kami belum mendapatkan kepastian tentang siapa yang menyelenggarakan swab test ini. Saya juga koordinasi dengan Satgas Covid-19 di Jakarta yang menyampikan bahwa lab MER-C ini tidak terdaftar sebagai lab PCR yang resmi,” tutur Bima Arya.

Untuk itu, dia meminta swab test ulang terhadap Habib Rizieq hari ini untuk memastikan semuanya sesuai aturan. Di mana yang akan melakukan swab test dari Dinkes Kota Bogor dan RSUD Kota Bogor.

“Tadi RS Ummi menerima apa yang saya sampaikan. Pihak RS Ummi siap untuk kerja sama dan koordinasi. Saya juga berharap tentunya pihak keluarga dan Habib sendiri akan bekerja sama untuk melakukan itu,” tutupnya.

Sebelumnya, RS Ummi telah mendapatkan restu dari pihak keluarga Habib Rizieq untuk menjalani swab test Covid-19, seperti yang diminta Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Swab test itu akan dilakukan setelah membicarakan beberapa hal teknis. Sekaligus setelah menunggu konfirmasi dari dokter pribadi Habib Rizieq

Diketahui, Habib Rizieq beserta istrinya, Syarifah Fadhlun Yahya, sedang menjalani general check up di RS Ummi Kota Bogor sejak Rabu (25/11). Habib Rizieq sempat kelelahan karena langsung melakukan aktivitas padat setibanya dia di Indonesia.

photo
Habib Rizieq Shihab - (republika)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA