Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Melalui Study Club, Tingkatkan Wawasan Akuntansi Dasar

Jumat 27 Nov 2020 16:59 WIB

Red: Irwan Kelana

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (Himasa) Kampus UBSI Bogor menggelar Study Club bertajuk Meningkatkan Kualitas dan Wawasan dalam Akuntansi Dasar untuk Mahasiswa secara virtual.

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (Himasa) Kampus UBSI Bogor menggelar Study Club bertajuk Meningkatkan Kualitas dan Wawasan dalam Akuntansi Dasar untuk Mahasiswa secara virtual.

Foto: Dok UBSI
Mahasiswa perlu meningkatkan wawasan dalam bidang akuntansi dasar.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Bogor melalui Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (Himasa)  sukses mengadakan Study Club bertajuk ‘Meningkatkan Kualitas dan Wawasan dalam Akuntansi Dasar untuk Mahasiswa’ yang berlangsung secara daring melalui Zoom cloud meetings.

Kepala Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (Kaprodi SIA) Bogor menuturkan bahwa Study Club akuntasi dasar ini dilaksanakan untuk menambah wawasan akuntansi agar dapat meningkatkan kualitas akuntansi bagi mahasiswa.

“Pada masa sekarang mahasiswa perlu meningkatkan wawasan dalam bidang akuntansi agar dapat bersaing dan menimbangi perkembangan zaman yang semakin sulit dalam bidang akuntansi,” pungkasnya, Sabtu (21/11).

Study Club yang berjalan selama 21 – 22 November ini menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya yakni Rani Oktaviani selaku anggota dari Himpunan Mahasiswa Sistem informasi Akuntansi (Himasa) Kampus UBSI Bogor. Acara dipandu oleh Annisa Nabilah Putri sebagai moderator. Pembukaan acara dimulai dengan sambutan dari ketua pelaksana acara.

“Akuntansi sendiri merupakan proses pencatatan transaksi yang biasanya berhubungan dengan keuangan. Dengan adanya akuntansi akan membuat banyak orang lebih mudah untuk memanajemen uang masuk dan keluar,” tutur Hamasah Filistine selaku ketua pelaksana.

Ia menambahkan, pada zaman sekarang mahasiswa banyak yang tidak tertarik dengan akuntansi karena tingkat kesulitannya yang tinggi. Maka dari itu,  study club ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, wawasan dan kualitas akuntansi bagi mahasiswa dan membantu mahasiswa dalam memanajemen lebih baik.

Rani mengatakan bahwa berdasarkan American Accounting Association (AAA), akuntansi merupakan proses mengidentifikasim mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

“Tujuan dan fungsi akuntansi yakni menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan,” ujarnya.

Dengan diadakannya study club ini diharapkan para peserta yang telah berpartisipasi dapat memahami materi yang telah disampaikan oleh narasumber dan dapat menerapkan ilmunya untuk meningkatkan wawasan dibidang akuntansi serta tercipatanya skill dan kualitas dalam bidang akuntansi, serta mampu bersaing dalam bidang akuntansi seiring perkembangan zaman yang semakin pesat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA