Sabtu 28 Nov 2020 00:24 WIB

Masjid Taksim Diperkirakan Digunakan Ramadhan 2021

Ramadhan 2021 diperkirakan waktu menggunakan masjid Taksim.

Rep: Rizky Suryarandika./ Red: Muhammad Hafil
Masjid Taksim Diperkirakan Digunakan Ramadhan 2021 . Foto: Kubah masjid berlafaskan Allah (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Masjid Taksim Diperkirakan Digunakan Ramadhan 2021 . Foto: Kubah masjid berlafaskan Allah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Pembangunan masjid besar di Taksim Square Istanbul yang ikonik hampir selesai. Masjid itu dijadwalkan dibuka pada bulan suci Ramadhan tahun depan.

Dilansir dari hurriyetdailynews pada Jumat (27/11), pembangunan masjid dilanjutkan sesuai dengan aturan jarak sosial karena pandemi. Rencananya akan diselesaikan sementara perakitan bangunan pracetak sudah pada tahap akhir.

Baca Juga

Sebuah perancah dibangun untuk  masjid, di mana sebuah prasasti di pintu utama digantung dan batu bingkai diletakkan. Saat pembangunan masjid selesai, ketinggiannya, di luar menara, akan menjadi sekitar 30 meter. Ketinggian itu sama dengan dua gereja bersejarah di kawasan tersebut.

Kompleks Masjid juga akan memiliki gedung pertemuan. Sedangkan area bawah tanahnya akan digunakan sebagai tempat parkir tertutup dengan kapasitas 180 kendaraan. Masjid tersebut diperkirakan akan dibuka di bulan suci Ramadhan atau sekitar April-Mei 2021 tahun ini menurut kalender Gregorian.

Diketahui, rencana pembangunan masjid di Lapangan Taksim telah dikerjakan selama beberapa dekade. Pengadilan sebelumnya menolak pembangunan masjid, karena dianggap bertentangan dengan kepentingan publik. Sebidang tanah tempat masjid dibangun saat ini dimiliki oleh Direktorat Jenderal Yayasan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement