Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Kanada akan Setujui Vaksin Covid-19 Pfizer pada Desember

Jumat 27 Nov 2020 14:13 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Fuji Pratiwi

Kandidat vaksin Covid-19 yang dibuat bersama Pfizer dan BioNTech. Kanada bakal menyetujui vaksin Covid-19 milik Pfizer pada sekitar Desember mendatang.

Kandidat vaksin Covid-19 yang dibuat bersama Pfizer dan BioNTech. Kanada bakal menyetujui vaksin Covid-19 milik Pfizer pada sekitar Desember mendatang.

Foto: EPA-EFE/BIONTECH SE
Secara resmi, Health Canada menyatakan distribusi vaksin akan dimulai Januari.

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Kanada bakal menyetujui vaksin Covid-19 milik Pfizer pada sekitar Desember mendatang, sama seperti Amerika serikat (AS) dan Uni Eropa. Hal itu dikatakan oleh seorang pejabat senior di lembaga regulasi obat Kanada, Health Canada, pada Kamis (26/11) waktu setempat.

Sebelumnya, Health Canada mengatakan, persetujuan vaksin kemungkinan akan datang lebih awal pada kuartal pertama. Hal itu akan berjalan di bawah proses peninjauan yang dipercepat dan sangat mirip dengan yang ada di AS.

Baca Juga

"Vaksin Pfizer dan BioNTech adalah vaksin yang paling maju dalam ulasan Health Canada," ujar Supriya Sharma, penasihat medis senior di Health Canada pada konferensi media di Ottawa, Kanada, seperti dilansir Reuters, Jumat (27/11).

Sharma mengatakan, beberapa hal akan dilakukan pada saat bersamaan seperti tinjauan regulasi, manufaktur, distribusi yang membuatnya sulit untuk menentukan tanggal kapan warga Kanada dapat menerima vaksin. "Saya pikir jadwal umum otorisasi sekitar Desember, lalul pengiriman pada Januari, dan pengiriman pada Januari adalah (perkiraan) terbaik yang dapat kami berikan saat ini," kata Sharma.

Kanada melihat data yang sama dengan regulator di AS dan Uni Eropa. Pihak Kanada juga memiliki sistem otorisasi serupa untuk digunakan selama keadaan darurat kesehatan masyarakat.

"Cara peninjauan tersebut berkembang sehingga kami mengharapkan untuk membuat keputusan akhir tentang vaksin tersebut sekitar waktu yang sama dengan Food and Drug Administration (FDA) AS dan European Medicines Agency," kata dia.

European Medicines Agency sangat berharap dapat memberikan opini ilmiah yang positif sebelum Natal. Sementara FDA akan mengadakan pertemuan pada 10 Desember di mana para anggota akan membahas vaksin Pfizer.

Badan tersebut menolak untuk memprediksi berapa lama peninjauannya akan berlangsung. Namun Pfizer dan Menteri Kesehatan AS Alex Azar mengatakan FDA dapat mengesahkan vaksin pada pertengahan Desember.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA