Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

Habib Rizieq akan Segera Jalani Swab Test Covid-19

Jumat 27 Nov 2020 10:58 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto

Direktur Utama RS Ummi Kota Bogor, Andi Tatat ketika ditemui awak media di lokasi, Kamis (26/11) sore.

Direktur Utama RS Ummi Kota Bogor, Andi Tatat ketika ditemui awak media di lokasi, Kamis (26/11) sore.

Foto: Istimewa
Pihak rumah sakit masih belum memastikan kapan Habib Rizieq bisa menjalani tes swab.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Rumah Sakit Ummi Kota Bogor telah mendapatkan restu dari pihak keluarga imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab untuk menjalani swab test Covid-19, seperti yang diminta Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Swab test ini akan dilakukan secepatnya.

"Dari keluarga ngikut dari rumah sakit dan dokter," kata Direktur Utama RS Ummi Kota Bogor Andi Tatat melalui telepon selulernya, Jumat (27/11).

Meski demikian, pihak rumah sakit masih belum dapat memastikan kapan Habib Rizieq bisa menjalani swab test. Sebab, teknisnya masih dibicarakan.

"Tinggal pelaksanaanya, rencana (pelaksanaan swab test) ada, tapi masih belum pasti, nanti saya sampaikan lagi. Kita masih bahas teknisnya," ungkap Andi.

Terpisah, Bima Arya mengaku, juga sudah mendapat respons jika keluarga Habib Rizieq berkenan untuk dilakukan swab test. Dia berharap, swab test terhadap Habib Rizieq bisa dilakukan secepatnya.

“Tadi pagi kita mendapatkan respons bahwa beliau berkenan, tapi akan berkonsultasi dulu kepada dokter pribadi yang akan datang dari Jakarta. Mudah-mudahan, hari ini bisa dilakukan,” kata Bima Arya.

Bima meminta pihak RS Ummi untuk meyakinkan keluarga Habib Rizieq untuk melakukan swab test. Sebab, hal tersebut berkaitan dengan keselamatan Habib Rizieq sendiri, berikut dengan seluruh tenaga kesehatan di rumah sakit tersebut.

Selain itu, Bima mengatakan, pemerintah daerah juga berkewajiban untuk melindungi terhadap bahaya penyebaran penyakit menular. "Tadi malam, saya minta ke pihak RS meyakinkan keluarga harus dilakukan PCR atau swab. Karena untuk keselamatan Habib sendiri supaya ada kepastian dan keselamatan seluruh nakes di RS Ummi," tutupnya.

Diketahui, Habib Rizieq beserta istrinya, Syarifah Fadhlun Yahya, sedang menjalani general check up di RS Ummi Kota Bogor sejak Rabu (25/11). Habib Rizieq sempat kelelahan karena langsung melakukan aktivitas padat setibanya di Indonesia. 

Hasil screening dari tim dokter rumah sakit menyebut, saat ini, kesehatan keduanya dalam keadaan baik. Namun, Bima Arya tetap meminta pihak RS Ummi untuk melakukan swab test terhadap Habib Rizieq.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA